Pengamat Menilai Peleburan Kemenristek dan Kemendikbud Langkah Tepat

    Antara - 13 April 2021 14:25 WIB
    Pengamat Menilai Peleburan Kemenristek dan Kemendikbud Langkah Tepat
    Ilustrasi. Foto: MI



    Jakarta:  Pemerhati pendidikan Ina Liem menyebut penggabungan Kementerian Riset dan Teknologi (Kemenristek) dengan Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud) sebagai langkah tepat.  Pernyataan ini disampaikan Ina karena melihat dari sudut pandang tren ekonomi ke depan yang harus berbasis inovasi. 

    Sehingga ia menilai, pendidikan pun juga perlu diarahkan ke sana.  "Apalagi, sebagian besar kegiatan riset juga telah dilakukan di perguruan tinggi. Ini sudah langkah tepat. Peleburan ini juga berarti riset dan inovasi dibiasakan dilakukan sebelum pendidikan tinggi,” ujar Ina di Jakarta, Selasa, 13 April 2021.






    Dia menjelaskan, Merdeka Belajar yang diusung Menteri Pendidikan dan Kebudayaan (Mendikbud) Nadiem Makarim merupakan konsep transformasi yang memberikan cara baru dalam peningkatan kualitas pendidikan mulai usia dini, menengah, hingga pendidikan tinggi. Bagi murid dan mahasiswa, konsep ini mendorong mereka lebih kreatif, berkarakter, berwawasan luas, nasionalisme yang kuat, serta cepat mengakses ilmu pengetahuan.

    Dia menjelaskan, saat ini kepribadian anak terbagi menjadi tipe konseptor dan pekerja. Saat ini adalah waktu yang tepat bagi kedua karakter tersebut bekerja sama dan difasilitasi dunia pendidikan.

    Sebagai contoh, di Belanda terdapat 41 universitas yang fokus pada program terapan dan 14 riset. Konsep Merdeka Belajar dan Kampus Merdeka diharapkan mampu mendorong kemerdekaan institusi dalam menentukan sendiri kekuatannya.

    Berbagai episode Merdeka Belajar juga berfokus dalam peningkatan serta pemangkasan birokrasi yang tidak perlu, sehingga fokus meningkatkan mutu pendidikan dan kesejahteraan. Selama ini, Kemendikbud juga merupakan gabungan tiga lembaga yang disinergikan.
     



    • Halaman :
    • 1
    • 2
    Read All




    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Komentar

    LOADING
    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id