Penyebab Gunung Meletus dan Pengaruhnya Terhadap Pemanasan Global

    Arga sumantri - 22 Januari 2021 11:23 WIB
    Penyebab Gunung Meletus dan Pengaruhnya Terhadap Pemanasan Global
    Ilustrasi. Medcom.id



    Bandung: Sejumlah gunung api di Indonesia mengalami kenaikan aktivitas vulkanik, sepanjang awal tahun ini. Sebut saja Gunung Merapi, Semeru, dan Sinabung. 

    Lantas, mengapa gunung api tersebut bisa aktif dan meletus, dan apakah ada pengaruh terhadap pemanasan global? Vulkanolog Institut Teknologi Bandung (ITB) Mirzam Abdurrachman mengungkapkan terdapat tiga faktor utama mengapa gunung api bisa meletus, yaitu kondisi di bawah dapur magma, kondisi di dalam dapur magma, dan kondisi di atas dapur magma atau permukaan gunung.




    "Jadi pada prinsipnya gunung api meletus itu terjadi karena ada ketidakstabilan di dalam dapur magma. Karena ketidakstabilan tersebut kemudian dikonversikan menjadi letusan," ujar Mirzam mengutip laman ITB, Jumat, 22 Januari 2021.

    Baca: Mahasiswa Unsoed Kembangkan Sistem Peringatan Dini Pergerakan Tanah

    Mirzam menjelaskan faktor kondisi di bawah dapur magma berkaitan dengan adanya pasokan (supply) magma baru. Proses tersebut berkaitan dengan proses geologi yakni adanya subduksi, palung, pemekaran lantai samudra, dan terdapat titik panas. Selama proses tektonik tersebut bekerja, maka proses pembentukan pasokan magma baru akan terjadi.

    "Akibatnya ketika magma baru itu terbentuk dia bergabung dengan magma yang sudah ada di dalam dapur magma. Nah, ketika terjadi kelebihan volume maka kelebihannya itu harus dikeluarkan sehingga terjadilah erupsi," paparnya. 

    Ia menegaskan, erupsi yang disebabkan faktor pertama ini sifatnya siklus. Artinya, bisa dipelajari, ada rentang waktunya, dan volumenya relatif sama.

    Selanjutnya, faktor kondisi di dalam dapur magma berkaitan dengan jumlah magma yang terdapat di dalamnya. Di dalam ruang itu, magma mengkristal karena suhu menurun. Magma yang sudah terkristalisasi lebih berat daripada batuan panas semi-cair sehingga akan tenggelam ke dasar ruang magma.
     

    Halaman Selanjutnya
    Ini mendorong sisa magma ke…


    Read All




    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id