150 Naskah Penelitian Bertanding Dalam KoPSI 2020

    Ilham Pratama Putra - 03 November 2020 14:46 WIB
    150 Naskah Penelitian Bertanding Dalam KoPSI 2020
    Pelaksana tugas Kepala Pusat Prestasi Nasional Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud) Asep Sukmayadi. Zoom
    Jakarta: Kompetisi Penelitian Siswa Indonesia (KoPSI) 2020 kembali digelar. Pada babak final ini, 150 naskah penelitian dari seluruh pelajar mulai dari jenjang SD hingga Perguruan Tinggi dipentaskan di level nasional.

    Pelaksana tugas Kepala Pusat Prestasi Nasional Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud) Asep Sukmayadi mengatakan masuknya 150 naskah ini pada babak final telah melalui seleksi panjang. Awalnya terdapat 1.740 naskah penelitian yang terdaftar dari seluruh pelajar di Indonesia.

    "Kemudian terseleksi 1.290 naskah penelitian, dan diseleksi kembali menjadi 150 naskah penelitian terbaik untuk kita pentaskan di level nasional," kata Asep dalam Pembukaan Kompetisi Penelitian Siswa Indonesia (KoPSI) 2020 secara daring, Selasa 3 November 2020.

    150 naskah itu datang dari 223 siswa finalis. Jika dirinci berdasarkan sekolah, maka 223 siswa itu datang dari 28 SMA dan 25 MA di 26 provinsi.

    "Mereka ini yang nanti masuk seleksi tahap akhir saat pameran dan akan presentasi dan wawancara. Pelaksanaan tahap akhir ini mulai dari hari ini sampai 7 November 2020 secara virtual," terang Asep.

    Baca: ITS Ciptakan Mesin Pencacah Limbah Bonggol Jagung

    Ada tiga bidang ilmu yang dilombakan pada KoPSI tahun ini. Mulai dari bidang matematika, sains dan teknologi (MST), kemudian fisika dan rekayasa, hingga illmu sosial dan humaniora.

    Dia berharap, penelitan para siswa memiliki nilai kritis dan membawa perubahan baik di daerah maupun secara nasional. Asep mengapresiasi usaha dan kerja keras para siswa meski di tengah keterbatasan akibat pandemi covid-19.

    "Tema kita pemanfaatan pengembangan potensi dalam rangka pengoptimalan sumber daya lokal. Dan ini jadi bentuk baru berprestasi di tengah pandemi dan terbukti anak Indonesia adalah anak yang rajin dan menolak menyerah," ungkap dia.

    (AGA)

    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id