Empat Kelompok Prioritas yang Mendapat Vaksin Covid-19

    Ilham Pratama Putra - 15 Oktober 2020 10:40 WIB
    Empat Kelompok Prioritas yang Mendapat Vaksin Covid-19
    Ilustrasi. Medcom.id
    Jakarta: Kepala Lembaga Biologi Molekuler (LBM) Eijkman, Amin Soebandrio mengatakan, ada empat kelompok masyarakat yang akan diprioritaskan untuk mendapat vaksin covid-19. Priotas utama ialah vaksinasi untuk tenaga kesehatan.

    "Kita sudah sepakat pertama yang harus mendapatkan vaksin ialah frontliner, itu tenaga kesehatan," kata Amin dalam diskusi daring "Vaksin Merah Putih: Tantangan dan Harapan" Rabu 14 Oktober 2020.

    Priotas kedua diberikan pada orang yang memiliki tanggung jawab keamanan. Dalam hal ini, vaksin diberikan kepada aparat penegak hukum.

    "Tenaga yang lain seperti keamanan ketertiban dan yang lain-lainnya," ujarnya.

    Setelahnya, diberikan kepada orang usia lanjut. Orang dengan penyakit penyerta atau komorbid pun juga masuk ke dalam prioritas ketiga.

    Baca juga:  Indonesia Butuh Minimal 350 Juta Dosis Vaksin Covid-19

    Orang lanjut usia dan memiliki komorbid didahulukan karena daya imunnya yang lemah. Vaksin bisa melindungi kerentanan kelompok masyarakat ini.

    "Kemudian kita harus melindungi mereka yang high risk, kita harus melindungi mereka, karena mereka tidak punya imunitas yang cukup," tambahnya.

    Berikutnya adalah kelompok yang memberikan pelayanan publik bagi masyarakat. Mereka yang menjadi pelayan publik ini diberikan vaksin terlebih dahulu karena sering kali bertemu orang banyak.

    "Kelompok keempat yang terakhir adalah mereka yang dikhawatirkan (memiliki kegiatan berpindah-pindah), orang yang memiliki kontak tracing tinggi," pungkas Amin.


    (CEU)


    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id