Tes Covid-19 dengan GeNose Wajib Puasa, Ini Alasannya

    Muhammad Syahrul Ramadhan - 06 Januari 2021 11:37 WIB
    Tes Covid-19 dengan GeNose Wajib Puasa, Ini Alasannya
    GeNose C19. Foto: Dok UGM.
    Jakarta: Ketua Tim Pengembang GeNose Universitas Gadjah Mada (UGM) Kuwat Triyana mengungkapkan bagi yang ingin melakukan tes cepat dengan GeNose harus puasa. Minimal, 30 menit sebelum melakukan tes.

    "Itu sudah ada dalam Standar Operasional Prosedur (SOP). Kalau orang mau dites itu harus puasa dari rokok, alkohol, makanan petai," kata Ketua Tim Pengembang GeNose, Kuwat Triyana kepada Medcom.id, Selasa, 5 Januari 2021.

    Kuwat menjelaskan syarat puasa ini diketahui setelah GeNose melalui uji diagnostik kepada masyarakat yang lebih luas. Orang yang memakan petai, merokok atau minum alkohol sebelum tes akan mendapatkan hasil tes yang sifatnya abu-abu atau berada di antara garis positif dan negatif.

    "Dengan nilai pertengahan itu ya tinggal kita minta sikat gigi untuk membersihkan mulut.  Lalu 30 menit berikutnya datang lagi, kita cek lagi maka hasilnya itu negatif. Jadi tidak ada masalah," jelasnya.

    Baca: Tim GeNose Banyak Dihubungi Investor yang Hanya Cari Untung

    Dengan adanya syarat tersebut, kata Kuwat, bukan berarti menjadi kelemahan alat dalam melakukan diagnosa. Pola itu merupakan hal lumrah dalam sebuat alat deteksi.

    "Namanya semua alat pasti ada prekondisi. Sama juga dengan pasien, juga pasti ada prekondisinya. Dan itu sudah menjadi SOP," ujarnya.

    GeNose, kata Kuwat, mempunyai akurasi mencapai 99 persen. Pasalnya, GeNose telah ditanam Artificial Inteligent (AI) untuk mengenali dan mempelajari sifat embusan napas.

    "AI itu kan dia kalau diulang-ulang (melakukan testing) dia akan semakin pinter. Dan kalau hasil GeNose itu negatif, insya Allah dia negatif (covid-19). Berapa persen keyakinannya? 96 persen saat ini, dan kita targetkan bisa sampai 99 persen. Nah kalau GeNose-nya positif, maka saat ini masih perlu konfirmasi ke PCR swab test," ucapnya.

    (AGA)

    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id