Mahasiswa ITS Gagas Hidroponik Serbaguna Berbasis IoT

    Arga sumantri - 18 Februari 2021 08:02 WIB
    Mahasiswa ITS Gagas Hidroponik Serbaguna Berbasis IoT
    Mahasiswa ITS yang mengembangkan hidroponik serbaguna berbasis IoT. Dok Humas ITS.
    Surabaya: Metode tanam hidroponik yang marak diterapkan di perkotaan, masih banyak digunakan terbatas hanya untuk satu jenis tanaman. Berangkat dari permasalahan tersebut, tiga mahasiswa Departemen Teknik Instrumentasi, Fakultas Vokasi, Institut Teknologi Sepuluh Nopember (ITS) menggagas inovasi alat hidroponik serbaguna berbasis Internet of Things (IoT).

    Mereka adalah Dewi Sugiharti Ningrum, Yeni Dwi Cahyani, dan Mochamad Royan Nasrulloh. Menurut Ketua Tim, Dewi Sugiharti Ningrum, hidroponik rancangan timnya ini berbeda dengan yang ada sekarang. Sebab, dapat diterapkan untuk semua jenis tanaman dan dilengkapi dengan teknologi IoT. 

    "Sehingga kami memberi nama hidroponik rancangan kami dengan sebutan HIRARKI," ujar Dewi mengutip siaran pers ITS, Kamis, 18 Februari 2021.

    Ia menjelaskan, HIRARKI merupakan akronim dari Hidroponik Serbaguna Berbasis Internet of Things. Dikatakan serbaguna lantaran hidroponik ini dapat melakukan pengaturan nutrisi dan debit air untuk berbagai macam tanaman secara otomatis. 

    "Hal ini dikarenakan HIRARKI memiliki sistem database terkait nutrisi dan debit air tanaman," jelasnya.

    Baca: Peneliti LIPI: Covid-19 Bisa Bertahan Tujuh Hari Menempel di Masker

    Dewi menambahkan, HIRARKI juga dilengkapi dengan beberapa elemen otomatis, seperti pompa air dengan motor servo sebagai aktuatornya (perangkat mekanis untuk mengontrol sistem, red). Selain itu, terdapat arduino uno yang berfungsi sebagai kontroler. 

    "Sistem kerja elemen tersebut lebih pada aksi ketika tidak sesuai dengan target hidroponik yang sudah ditentukan," jelas mahasiswi angkatan 2018 ini.

    Dewi menerangkan, hidroponik ini juga dipasang sensor TDS meter dan flowmeter FS300a. Sensor TDS digunakan untuk mengukur nutrisi yang terkandung dalam air berupa ppm, sedang flowmeter FS300a berfungsi untuk mendeteksi laju aliran air yg dipompakan ke hidroponik. Sehingga, proses pemberian nutrisi dan air pada tanaman di HIRARKI dilakukan secara otomatis.
     

    Halaman Selanjutnya
    Tidak hanya itu, HIRARKI juga…


    • Halaman :
    • 1
    • 2
    Read All




    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id