Menristek: Indonesia Mampu Produksi 100 Ribu PCR Sebulan

    Ilham Pratama Putra - 22 Mei 2020 14:04 WIB
    Menristek: Indonesia Mampu Produksi 100 Ribu PCR Sebulan
    Menristek Bambang Brodjonegoro. Dokumentasi Medcom.id
    Jakarta: Menteri Riset dan Teknologi/Badan Riset dan Inovasi Nasional (Menristek/BRIN), Bambang Brodjonegoro memastikan Indonesia bisa memproduksi alat kesehatan secara mandiri. Bahkan dalam sebulan, kata dia, Indonesia mampu membuat 100 ribu unit Polymerase Chain Reaction (PCR) dalam sebulan.

    "Untuk PCR kita mengacu kebutuhan lab yang melakukan uji PCR di Indonesia. Kita sudah bisa produksi mandiri 500 sampi 100 ribu per bulan," kata Bambang dalam Selamat Pagi Indonesia di MetroTV, Jumat, 22 Mei 2020.

    Bambang menambahkan produksi rapid test akan terus digenjot hingga pandemi virus korona mereda di Indonesia. Ia meyakini rapid test akan menjadi kebutuhan dalam kondisi normal baru. 

    "Pun sampai vaksin ditemukan, rapid test akan jadi kebutuhan. Kita sudah mampu produksi besar dan masal sebanyak 500 sampai 100 ribu per bulan," jelas Bambang.

    Produksi mandiri ini, kata dia, berguna untuk menekan angka impor alat kesehatan. Kemenristek dengan lembaga terkait juga akan memenuhi kebutuhan ventilator di rumah sakit.

    "Dari data yang kita terima kebutuhannya ada 1.700 unit. Kalau time frame bulan depan, kami sanggup. Karena produksinya bisa 100 sampai 300 unit per minggu per pabrik," ujar dia.

    Baca: Alkes Dalam Negeri Harga Murah Kualitas Setara Produk Impor

    Berbagai alat kesehatan ini telah resmi diluncurkan langsung bersama presiden Joko Widodo. Produk riset, teknologi, dan inovasi untuk percepatan penanganan Covid-19 merupakan hasil karya anak bangsa.

    Sebanyak 55 produk konsorsium hasil riset dan inovasi yang diluncurkan. Dari jumlah tersebut, terdapat sembilan di antaranya yang menjadi produk unggulan.

    Produk-produk unggulan itu antara lain rapid test, PCR test kit, rapid diagnostics test IgG/IgM, emergency ventilator, imunomodulator, terapi plasma convalescent, unit laboratorium bergerak dengan biosafety level (BSL) 2, kecerdasan buatan pendeteksi Covid-19 dari hasil sinar-X, robot medis dan penyinaran UV, serta air purifying respirator.



    (AGA)

    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    HOT ISSUE

    MORE
    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id