LPDP Gelontorkan Rp50 Miliar untuk Dukung Riset Keilmuan Dosen

    Ilham Pratama Putra - 03 Agustus 2021 12:47 WIB
    LPDP Gelontorkan Rp50 Miliar untuk Dukung Riset Keilmuan Dosen
    Dirjen Pendidikan Tinggi (Dikti), Kemendikbud, Nizam. Foto: Zoom



    Jakarta: Lembaga Pengelola Dana Pendidikan (LPDP) mengalokasikan anggaran sebesar Rp50 miliar untuk mendukung program Riset Keilmuan.  Program tersebut nantinya bakal mendanai riset dan penelitian yang dilakukan dosen di perguruan tinggi.

    "Pada 2021 ini LPDP mengalokasikan anggaran sebesar Rp50 miliar untuk pelaksanaan program ini," kata Direktur Fasilitas Riset LPDP, Wisnu Soenarso dalam konferensi pers daring, Selasa, 3 Agustus 2021.

     



    Pihaknya berharap pendanaan ini dapat meningkatkan kualitas publikasi ilmiah yang dilakukan dosen. Sehingga dapat terwujud pengembangan ilmu pengetahuan teknologi dan inovasi nasional.

    Selanjutnya, pihaknya menyerahkan proses seleksi, rancangan program, monitoring dan evaluasi riset kepada Direktorat Jendral Pendidikan Tinggi Kementerian Pendidikan Kebudayaan Riset dan Teknologi (Kemendikbudristek). Dirjen Dikti Nizam pun menyampaikan akan ada fokus rekomendasi bagi dosen yang akan melakukan penelitian.

    "Sesuai dengan agenda Prioritas Riset Nasional (PRN). Mulai dari energi, kesehatan, transportasi, rekayasa keteknikan, ketahanan, keamanan, kemaritiman, sosio humaniora," jelas Nizam.

    Baca juga:  Kisah Billy Mambrasar, Peraih Cita-cita Melalui Beasiswa

    Nizam pun menyampaikan, dalam program riset ini, para dosen peneliti harus melibatkan sedikitnya lima orang mahasiswa yang telah menyelesaikan studi hingga semester lima. Mahasiswa tersebut juga dapat mengkonversinya dengan 20 SKS ketika mengikuti dosennya.

    "Ini kesempatan besar untuk mengembangkan kemajuan kita baik itu berbasis pada tekno digital yang aplikasinya  bisa merambah seluruh sektor industri maupun kebutuhan masyarakat dimana pun," tutup Nizam.

    Para dosen dapat melakukan pendaftaran secara daring melalui laman https://beasiswadosen.kemdikbud.go.id/risetkeilmuan

    (CEU)

    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Komentar

    LOADING
    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id