Profesor IPB Ungkap Alasan Tidak Ada Kucing Jantan Belang Tiga

    Citra Larasati - 14 Mei 2021 10:10 WIB
    Profesor IPB Ungkap Alasan Tidak Ada Kucing Jantan Belang Tiga
    Guru besar IPB, Ronny Rachman Noor. Foto: Dok. IPB



    Jakarta:  Guru besar Institut Pertanian Bogor (IPB), Ronny Rachman Noor menjelaskan fenomena genetik yang menjadi misteri pada kucing. Yaitu kucing belang tiga atau dalam dunia perkucingan dikenal sebagai kucing Calico.

    Pada kucing Calico, yang menariknya adalah tidak adanya kucing jantan yang memiliki belang tiga.  Menurut Ronny, kucing domestik memiliki jumlah kromosom sebanyak 38 buah.

     



    Kromosom ini di setiap sel tubuhnya ada dalam keadaan berpasangan yaitu 19 pasang. Di antara 19 pasang krosomom yang dimiliki oleh kucing ini, ada 18 pasang yang disebut dengan kromosom autosom (Autosomal chromosome) dan sepasang kromosom sex (sex chromosome). Pasangan kromosom ini didapat separuhnya dari pejantan dan separuhnya lagi dari induknya.

    Jadi seekor kucing jantan akan memiliki 18 pasang kromosom autosom dan sepasang kromosom sex (X dan Y; bisanya dinotasikan sebagai XY), sedangkan kucing betina memiliki 18 pasang autosom dan sepasang krosomosm sex (X dan X; dinotasikan sebagai XX).

    Kemudian kata Ronny, warna Calico melibatkan beberapa mekanisme pewarisan sifat yang terletak di kromosom autosom dan kromosom sex. Warna yang paling umum terlibat adalah warna merah dan hitam atau pengganti warna merah dapat saja berupa warna lain yaitu orange, kuning dan cream.

    "Sedangkan warna hitam dapat saja berupa warna lain yaitu coklat, tabby dan biru,” ujarnya.

    Kedua kelompok warna ini dalam ilmu genetika pewarisannya dikenal dengan sex linked co-dominant.  Artinya warna merah dan hitam ini adanya di kromosom sex dan pewarisannya tidak saling mendominasi.

    Baca juga: Hari Migrasi Burung Sedunia, IPB Amati Burung Singgah di Indonesia

    Jadi variasi warna kucing jantan hanya ada dua saja yaitu merah (orange, kuning dan cream) dan hitam (coklat, tabby dan biru) saja, karena hanya memiliki satu kromosom sex saja.

    Sedangkan kucing betina dapat saja memiliki warna merah (orange, kuning dan cream), warna hitam (coklat, tabby dan biru) dan warna tortoiseshell jika dalam keadaan heterosigot.
     



    Read All




    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Komentar

    LOADING
    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id