UI Kembangkan Empat Platform Vaksin Merah Putih

    Ilham Pratama Putra - 22 Januari 2021 10:31 WIB
    UI Kembangkan Empat Platform Vaksin Merah Putih
    Ilustrasi. Medcom.id



    Jakarta: Universitas Indonesia (UI) turut serta dalam pengembangan vaksin covid-19 Merah Putih. UI mengembangkan empat platform vaksin.

    "UI mengembangkan empat platform vaksin yaitu DNA, RNA, Sub-Unit Rekombinan dan Virus-Like-Particles," kata Peneliti Utama dalam Tim Pengembangan Vaksin Covid-19 UI, Budiman Bela dalam webinar Tantangan dan Kebijakan Pengembangan Vaksin Merah Putih untuk Percepatan Penanganan Pandemi Covid-19, Jumat, 22 Januari 2021.






    Dia menyebut dari empat platform itu, pengembangan DNA lah yang akan paling cepat selesai. Saat ini, pengembangan DNA untuk vaksin sudah masuk tahap stabilisasi dan efesiensi produk.

    "Kalau kita lihat vaksin DNA lebih cepat pengembangannya. Saat ini kita sudah masuk pada stabilitas dan efesiensi produksi. Jadi menilai bagaimana kita membuat produksinya lebih tinggi," ungkapnya.

    Baca: Pelampung Unik Besutan Mahasiswa Unair, Bisa Mencegah Hipotermia

    Setelah ditemukan jika vaksin ini memiliki stabilitas yang baik, nantinya tim akan melakukan preparasi uji pre-klinik dan uji klinik lanjutan. Selanjutnya, mulai melakukan hilirisasi produk ke industri farmasi di Indonesia.

    Namun, dia mengakui jika hilirisasi ke industri sangat sulit. Sebab, keterbatasan industri farmasi dalam negeri itu berpotensi membuat produksi vaksin memakan waktu yang lama.

    "Melibatkan industri farmasi yang berminat untuk berinvenstasi produksi vaksin sedini mungkin. Tantangan hilirisasinya kita harus mitigasi resiko keterlambatan," jelasnya.

    (AGA)

    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id