Selamat Pagi Indonesia

    Jelajahi Museum Alam Eropa, Menguak Asal Usul Covid-19 melalui Kelelawar

    MetroTV - 23 Juli 2021 14:35 WIB
    Jelajahi Museum Alam Eropa, Menguak Asal Usul Covid-19 melalui Kelelawar
    Tangkapan layar Metro TV



    London: Hantaman pandemi covid-19 tak kunjung usai. Kasus kematian secara global terbanyak sepanjang sejarah tak henti bertambah. Fenomena ini disebut memunculkan pertanyaan tentang asal usul wabah penyakit menular covid-19.

    Senior Mammals Curator, Roberto Portela Miguez, tengah mempelajari jenis-jenis kelelawar guna mencari petunjuk tentang awal mula pandemi. Ia menjelajahi sejumlah museum di Eropa dan membuat sebuah katalog koleksi spesimen kelelawar

     



    "Harapannya adalah semua informasi ini akan membantu dalam beberapa cara untuk mencari tahu di mana pandemi berikutnya akan terjadi,” kata Roberto dalam tayangan Selamat Pagi Indonesia Metro TV, Kamis, 22 Juli 2021.

    Bersama konsorsium di Eropa, Roberto tengah mengumpulkan informasi dan meneliti tiga jenis kelelawar utama yang selalu dikaitkan dengan kemunculan virus covid-19, yakni kelelawar tapal kuda, kelelawar berhidung daun, dan kelelawar trisula.

    "Informasi ekologi menjadi cukup penting untuk mengetahui bagaimana hewan ini hidup dan di mana mereka tinggal,” ujar Roberto

    Sejak 1750, museum sejarah alam di Eropa ini telah mengoleksi ratusan ribu jenis mamalia dan sekitar 60 ribu kelelawar. Para ilmuwan mempercayai bahwa virus kemungkinan besar terjadi di alam dan melompat dari hewan ke manusia.

    Para ilmuwan pun menyebutkan terdapat kemungkinan hewan nokturnal ini berpotensi menularkan penyakit. Penelitian akan terus dilakukan guna menemukan spesies kelelawar yang mengakibatkan penularan global penyakit covid-19.

    Roberto berharap, melalui digitalisasi, jenis kelelawar dapat membantu mencegah kemungkinan pandemi di masa depan. Nantinya, data jenis kelelawar ini diharapkan dapat berguna bagi para peneliti di seluruh dunia. (Nadia Ayu)

    (UWA)

    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Komentar

    LOADING
    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id