Profesor UNAIR Teliti Nanopartikel Daun Kelor Sebagai Obat Antikanker

    Citra Larasati - 10 April 2021 18:33 WIB
    Profesor UNAIR Teliti Nanopartikel Daun Kelor Sebagai Obat Antikanker
    Guru besar UNAIR, Prof. Dr. Theresia Indah Budhy Sulisetyawati, drg., M.Kes. Foto: Unair/humas



    Jakarta:  Prof. Dr. Theresia Indah Budhy Sulisetyawati, drg., M.Kes. resmi dikukuhkan sebagai guru besar bidang Patologi Mulut dan Maksilofasial Univeristas Airlangga (UNAIR). There menjadi guru besar FKG UNAIR aktif yang ke-32.

    Penghargaan tertinggi bagi insan akademik tersebut diraih melalui terobosannya yang menemukan potensi besar khasiat Moringa oleifera atau daun kelor sebagai obat antikanker. Hasil penelitian tersebut diuraikan dalam orasinya yang berjudul ‘Pengembangan Terapi Kanker Rongga Mulut dengan Nanopartikel Moringa Oleifera’.






    Topik penelitian itupun diambil bukan tanpa sebab. There mengingatkan, bahwa masalah kanker di Indonesia semakin meningkat dari waktu ke waktu. Apalagi diikuti dengan fakta hadirnya Indonesia sebagai negara dengan kasus kanker terbanyak di Asia Tenggara, setelah Vietnam.

    “Angka kematian kanker di Indonesia 2 persen dan untuk kanker mulut prevalensinya naik dari 1,4 persen di tahun 2013 menjadi 1,8 persen di tahun 2018. Angka kejadian kanker di Indonesia pun mencapai 135.000 orang per tahunnya. Sebuah problematika yang tidak dapat kita kesampingkan,” terang Guru Besar UNAIR PTN-BH ke-225 tersebut, dalam keterangannya, Sabtu, 10 April 2021.

    Baca juga:  Pakar UGM: Mayoritas Uji Klinis Obat Covid-19 Gunakan Drug Repurposing

    Mengikuti fakta tersebut, There akhirnya berusaha untuk menemukan obat antikanker dengan cara yang lebih aman, alami, dan mudah didapat, khususnya di Indonesia. Potensi obat antikanker itupun jatuh kepada tanaman kelor yang setelah diteliti mengandung berbagai zat aktif.

    Seperti fitokimia yang dapat menjadi agen antineoproliferatif penghambat pertumbuhan sel-sel kanker.  Lalu mengapa nanopartikel daun kelor menjadi fokus utama penelitian?
     



    • Halaman :
    • 1
    • 2
    Read All




    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Komentar

    LOADING
    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id