comscore

Lapan Akan Ganti Nama Jadi Organisasi Riset Penerbangan Antariksa

Ilham Pratama Putra - 14 Juli 2021 13:12 WIB
Lapan Akan Ganti Nama Jadi Organisasi Riset Penerbangan Antariksa
Kepala LAPAN, Thomas Djmalauddin. Foto: YouTube
Jakarta: Pemerintah akan melebur empat lembaga penelitian, pengembangan, pengkajian, dan penerapan (litbangjirap) ke dalam Badan Riset Inovasi Nasional (BRIN). Peleburan lembaga itu akan turut mengubah nomenklatur Lembaga Penerbangan dan Antariksa Nasional (Lapan).

Keempat lembaga itu adalah Lembaga Ilmu Pengetahuan Indonesia (LIPI), Badan Pengkajian dan Penerapan Teknologi (BPPT), Lembaga Penerbangan dan Antariksa Nasional (Lapan), serta Badan Tenaga Nuklir Nasional (BATAN).
Kepala Lapan, Thomas Djmalauddin mengatakan LAPAN akan berganti nama. "LAPAN sebentar lagi menjadi Organisasi Riset Penerbangan Antariksa, itu nomenklaturnya," kata Thomas dalam webinar Formasi Penerbangan dan Antariksa: Seleksi Calon ASN BRIN 2021, Rabu, 14 Juli 2021.

Namun, di berbagai kesempatan nama Lapan sendiri akan tetap dipertahankan. Sebab LAPAN telah dikenal secara global.  "Nama Lapan akan tetap dibawa, karena Lapan sebagai space agency yang sudah dikenal secara global karena itu dipertahankan," sebutnya.

Dia menegaskan, ke depan Lapan akan menjadi sarana kerja bagi peneliti pada bidang penerbangan dan antariksa. Para peneliti akan melakukan riset gabungan bersama dengan lembaga yang dilebur bersama BRIN.

"Gambaran Lapan nantinya akan jadi sarana kerja bagi peneliti yang nantinya bergabung dengan BRIN, khususnya untuk kompetensi penerbangan dan antariksa," tutupnya.

Baca juga:  Lapan Rekrut Peneliti Muda Lewat Seleksi CPNS

Sebelumnya diketahui peleberuan empat lembaga ke dalam BRIN itu didasarkan Peraturan Presiden (Perpres) 33/2021 tentang BRIN. Lapan dari awal telah mendukung aturan tersebut.

"Kalau Lapan itu kebijakan kita mendukung saja. Mendukung keputusan pemerintah," kata Kepala Humas Lapan, Jasyanto kepada Medcom.id, Jumat 7 Mei 2021.

Jasyanto berharap peleburan ini membawa kemajuan bagi lembaga litbangjirap. Salah satunya pengelolaan dana yang lebih baik.

"Tentu dengan dikuatkannya BRIN bersama lembaga itu untuk pengelolaan dana penelitian yang lebih baik lagi dengan sinergitas antarlembaga yang sudah terbentuk," jelas Jasyanto.

(CEU)

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

 

 

 

Komentar

LOADING
Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

  1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
  2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
  3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
  4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

Anda Selesai.

Powered by Medcom.id