Menristek: Terjadi Mutasi Covid-19 di Jakarta hingga Jawa Barat

    Ilham Pratama Putra - 15 Februari 2021 20:51 WIB
    Menristek: Terjadi Mutasi Covid-19 di Jakarta hingga Jawa Barat
    Menristek/Kepala BRIN Bambang Brodjonegoro. Zoom.



    Jakarta: Menteri Riset Teknologi/Kepala Badan Riset Inovasi Nasional (Menristek/BRIN) Bambang Brodjonegoro menduga virus covid-19 di Indonesia sudah bermutasi. Dugaan tersebut berasal dari hasil penelitian genome sequencing virus korona yang ada di Indonesia.

    "Telah ada semacam mutasi strain virus di Indonesia. Secara demografi atau geografi sebagian (mutasi) itu sebagian besar berasal dari provinsi yang memiliki angka infeksi tertinggi di Indonesia," kata Bambang dalam webinar Genomic Surveillance, Mutation, and Vaccine, Senin, 15 Februari 2021.




    Dia mengatakan provinsi yang diduga telah terjadi mutasi virus korona ialah di Jakarta, Jawa Barat, Jawa Timur, dan Jawa Tengah. Namun, keberadaannya saat ini perlu dipastikan lewat genome sequencing tersebut.

    Baca: Menristek: Mutasi Covid-19 Berpengaruh pada Efikasi Vaksin

    "Kita perlu mendiversifikasi untuk memastikan kita benar-benar mengetahui mutasi virus Sars-Cov-2 tersebut," ujar dia.

    Sebelumnya, tim untuk melakukan genome sequencing tersebut telah dibentuk. Tim dengan nama Genomic Surveillance telah dibentuk Kemenristek bersama dengan Kementerian Kesehatan (Kemenkes).

    Bambang mengatakan tim ini dibentuk untuk mengenali karakter virus covid-19 yang ada di Indonesia. Termasuk, untuk mengenali mutasi yang mungkin terjadi.

    "Kita ingin mempelajari dengan cepat apabila terjadi penyakit yang ternyata lebih berat. Kita juga perlu mendalami penanganan pasien dari hasil tim Genomic Surveillance," kata Bambang dalam Penandatanganan MoU Kementerian Kesehatan dan Kementerian Ristek/BRIN secara virtual, Jumat, 8 Desember 2021.

    (AGA)

    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id