comscore

Produk Perikanan dan Pertanian Mesti Diuji Lewat Penelitian Terpercaya

Ilham Pratama Putra - 22 Juni 2022 12:53 WIB
Produk Perikanan dan Pertanian Mesti Diuji Lewat Penelitian Terpercaya
Ilustrasi: MI/Atet Dwi Pramadia
Jakarta: Badan Riset dan Inovasi Nasional (BRIN) meluncurkan program fasilitasi Pengujian Produk Inovasi Pertanian (PPIP). Upaya ini diambil sebagai wujud peran serta BRIN dalam memperkuat ekosistem riset dan inovasi guna mendukung kemandirian pangan nasional.

Kepala BRIN, Laksana Tri Handoko mengatakan PPIP juga dapat melakukan uji terhadap produk perikanan. Ia mengatakan pengujian produk teknologi dan inovasi pertanian dan perikanan harus bersumber dari data yang dapat dipercaya untuk memastikan keamanan dan manfaat produk inovasi pertanian dan perikanan. 
“Teknologi dan inovasi pertanian dan perikanan berperan penting dalam meningkatkan produktivitas dan memperbaiki mutu produk sehingga dapat mampu meningkatkan nilai tambah dan dapat mendukung daya saing bangsa dalam pembangunan nasional,” ujar Handoko secara daring, Rabu 22 Juni 2022.

Menurutnya, program fasilitasi PPIP dirancang guna mengakselerasikan dalam menghasilkan produk inovasi perikanan dan pertanian dalam konteks yang luas. Ia menyadari bahwa program pendanaan dengan skema ini relatif baru sehingga masih perlu dilakukan sosialisasi terkait dengan pelaksanaannya. 
 
Hal senada disampaikan Plt. Deputi Bidang Fasilitasi Riset dan Inovasi Agus Haryono. Saat ini pemerintah tengah berupaya meningkatkan inovasi di sektor pertanian untuk ketahanan pangan melalui penguasaan riset teknologi, infrastruktur dan sumber daya manusia. 

Untuk mendukung upaya tersebut, BRIN menggulirkan skema pendanaan melalui skema fasilitasi PPIP ini. Skema ini dibuat secara kompetitif dan terbuka bagi seluruh periset di lembaga riset, perguruan tinggi, dan industri. 

Melalui program ini Agus berharap nantinya dapat mempercepat pengujian produk hasil riset yang dapat dibuktikan secara ilmiah. “BRIN akan terus berkomitmen untuk memfasilitasi pengujian-pengujian hasil produk pertanian dan perikanan serta terus berkembang untuk pengujian hasil produk riset bidang pertanian yang lain sehingga pada akhirnya kegiatan skema fasilitasi PPIP memberikan kepastian kebermanfaatan hasil riset sebelum dapat digunakan masyarakat,” pungkas Agus.

Baca juga:  BRIN Sebut Ada Hubungan Tidak Sehat Antara Periset dan Industri



(CEU)

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

 

 

 

Komentar

LOADING
Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

  1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
  2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
  3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
  4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

Anda Selesai.

Powered by Medcom.id