Menristek: Menumbuhkan Ekonomi Harus Berbasis Inovasi

    Ilham Pratama Putra - 14 Juni 2020 11:11 WIB
    Menristek: Menumbuhkan Ekonomi Harus Berbasis Inovasi
    Menristek/Kepala BRIN, Bambang Brodjonegroro.
    Jakarta: Menteri Riset dan Teknologi/Badan Riset dan Inovasi Nasional (Menristek/BRIN), Bambang Brodjonegoro menyampaikan pertumbuhan ekonomi di Indonesia sangat dipengaruhi kemampuan berinovasi masyarakatnya. Inovasi perlu dilakukan, agar Indonesia cepat naik kelas menjadi negara dengan tingkat ekonomi atas.

    "Kita masih banyak yang belum mengadaptasi kata inovasi ini. Padahal ini sudah menjadi keyword jurnal ekonomi masa depan," kata Bambang dalam konferensi video, Sabtu 13 Juni 2020.

    Dengan penerapan inovasi yang tepat, dia meyakini pertumbuhan ekonomi bakal pesat di Indonesia. Bahkan Indonesia sebenarnya bisa mengungguli negara-negara yang telah lebih dahulu maju.

    "Kita harus bisa membuktikan apakah bangsa kita bisa unggul bisa masuk dari tengah ke atas. Yang membuat mereka berhasil adalah inovasi," lanjutnya.

    Baca juga: Intip Sepuluh Tren Baru Teknologi untuk Peluang Startup

    Menurut Bambang, Indonesia terlalu lama berkutat pada model usang pertumbuhan ekonomi. Indonesia terlalu lama bertahan dengan menanamkan kemajuan industrialisasi.

    "Mungkin masa lalu hanya industrialisasi. Tapi itu tidak cukup, semua harus disertai inovasi," ujar Bambang.

    Bambang meminta pola pikir inovasi Indonesia disamakan dengan negara Eropa. Eropa yang minim Sumber Daya Alam saja, menurutnya mampu berinovasi dengan cepat dan tepat.

    "Mereka mampu berinovasi pada produk yang menekankan pada digital dan development. Contohnya Swedia. Produk IKEA misalnya, mereka berinovasi dalam desain, mereka membaca kebutuhan masyarakat urban yang tidak lagi tinggal di rumah tanah. Menciptakan sesuatu yang dibutuhkan masyarakat kini dan ke depan," tutupnya.


    (CEU)


    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id