Meracik Vaksin Covid-19 Butuh Waktu Panjang

    Ilham Pratama Putra - 22 Mei 2020 15:31 WIB
    Meracik Vaksin Covid-19 Butuh Waktu Panjang
    Ilustrasi. Medcom.id
    Jakarta: Kementrian Riset dan Teknologi/Badan Riset dan Inovasi Nasional (Kemenristek/BRIN) tak bisa memastikan kapan munculnya vaksin virus korona (covid-19). Sulit memastikan apakah vaksin covid-19 ini akan bisa dideklarasikan dalam waktu dekat.

    "Seperti kita ikuti perkembangan vaksin di seluruh dunia, waktunya sulit dipastikan," kata Menristek/Brin, Bambang Brodjonegoro, dalam Selamat Pagi Indonesia di MetroTV, Jum'at 22 Mei 2020.

    Bambang menjelaskan, perkembangan penelitian vaksin di Indonesia terus digencarkan. Meracik vaksin, kata Bambang, butuh waktu yang panjang lantaran banyak tahapan pengujian yang harus dilakukan.

    "Harus ada uji pada hewan dan uji klinis pada manusia," ungkapnya.

    Baca: Penyebaran Korona 20 Kali Lebih Cepat dari SARS

    Dalam prosesnya, pengujian vaksin pasti akan mengalami trial and error. Memastikan vaksin benar-benar cocok bukanlah hal yang mudah.

    "Kita harus melengkapi banyak hal terlebih dahulu, sehingga waktu yang dibutuhkan menjadi tidak pendek," terang Bambang.

    Menurut Bambang, dunia juga harus siap ketika vaksin covid-19 tak kunjung ditemukan. Ia menilai kemungkinan itu bisa saja terjadi, melihat masih banyak virus yang berkembang tanpa anti vaksin hingga hari ini.

    "Mau tidak mau kita bisa hidup dengan keberadaan penyakit itu. Atau paling tidak, ada obatnya. kalaupun vaksin belum ditemukan, pada saat yang sama kita melakukan penelitian tentang obat yang kira-kira cocok untuk covid ini," pungkas dia.



    (AGA)

    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    HOT ISSUE

    MORE
    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id