Epidemiolog: Klaim Vaksin Nusantara Kebal Seumur Hidup Tak Berdasar

    Ilham Pratama Putra - 23 Februari 2021 19:45 WIB
    Epidemiolog: Klaim Vaksin Nusantara Kebal Seumur Hidup Tak Berdasar
    Ilustrasi. Medcom.id
    Jakarta: Vaksin Nusantara tengah menjadi perhatian. Pasalnya, vaksin digagas mantan Menteri Kesehatan, Terawan Agus Putranto itu diklaim mampu menciptakan kekebalan atau daya tahan tubuh seumur hidup.

    Menurut Pakar Epidemiologi Universitas Griffith Australia Dicky Budiman, klaim tersebut tidak berdasar lantaran tidak disertai bukti ilmiah.

    "Overklaim yang dikalkukan ya seperti bisa bertahan seumur hidup itu tidak didukung basis ilmiah, apalagi kita bicara vaksin untuk penyakit menular," kata Dicky kepada Medcom.id, Selasa, 23 Februari 2021.

    Menurutnya, peneliti tak bisa asal bicara mengenai penelitian vaksin. Apalagi, menurut dia, klaim kemampuan vaksin tersebut tanpa riset yang jelas dan terbuka.

    Dia pun meminta tim peneliti vaksin Nusantara untuk transparan. Dia berharap ada etikat baik dari tim peneliti untuk memaparkan proses penelitian.

    "Dari awal prosesnya tidak ada riwayat transparansi dari vaksin ini. Dari fase satu ke dua itu harus jelas," jelas Dicky.

    Baca: Penelitian Vaksin Nusantara Dianggap Tidak Transparan

    Dia juga meminta tim peneliti dapat menunjukkan efesiensi, efektivitas, visibilitas dan fleksibilitas vaksin melalui hasil riset. Berbagai keterbukaan tersebut diperlukan, sebab vaksin ini akan diberikan kepada manusia.

    "Karena ini menyangkut kesehatan publik. Produk kesehatan itu mau obat, mau alat, mau vaksin itu harus jelas tahapanan-tahapan pertama dari prosesnya untuk menjaga kualitas," ungkapnya.

    Saat ini, vaksin Nusantara tengah dikembangkan Badan Penelitian dan Pengembangan Kesehatan Kementerian Kesehatan (Kemenkes) dan Universitas Diponegoro (Undip) di Rumah Sakit Umum Pusat Dokter Kariadi, Semarang, Jawa Tengah.

    (AGA)

    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id