Vaksin Covid-19 Jadi Tonggak Pemulihan Ekonomi Nasional

    Ilham Pratama Putra - 14 Oktober 2020 18:47 WIB
    Vaksin Covid-19 Jadi Tonggak Pemulihan Ekonomi Nasional
    Menristek Bambang Brodjonegoro. Foto: Zoom
    Jakarta: Menteri Riset dan Teknologi/Kepala Badan Riset Nasional (Menristek/BRIN) Bambang Brodjonegoro berharap banyak pada kehadiran vaksin covid-19. Setidaknya, kata dia, kehadiran vaksin dapat menurunkan angka kematian akibat covid-19 hingga menjadi tonggak pemulihan ekonomi nasional.

    "Harapan dengan adanya vaksin adalah kita bisa mulai menurunkan tingkat kematian dan menurunkan tingkat yang terinfeksi," ujar Bambang dalam diskusi daring "Vaksin Merah Putih: Tantangan dan Harapan" Rabu 14 Oktober 2020.

    Kehadiran vaksin juga sekaligus memperkuat sistem kesehatan masyarakat. Selain itu, tentunya kehadiran vaksin juga mampu memberikan efek positif terhadap kondisi perekonomian Indonesia.

    Bambang menilai, kehadiran vaksin dapat mengembalikan kondisi ekonomi Indonesia yang terdampak akibat pandemi covid-19. Sehingga perekonomian nasional bisa kembali normal.

    "Dan yang tidak kalah penting bagaimana mengembalikan ekonomi kepada posisinya yang normal, karena orang tidak takut lagi untuk melakukan interaksi," tutur Bambang.

    Baca juga:  Perlukah Vaksinasi Covid-19 Dilakukan Berkala? Ini Jawaban Eijkman

    Harapan lainnya, menurut Bambang adalah terciptanya herd imunity atau kekebalan atas virus korona. Dengan begitu masyarakat bisa terlindungi dari penyakit yang dibawa virus korona.

    "Dan yang paling penting tentunya harapan setelah vaksinasi dilakukan secara massal maka herd imunity bisa tercapai dan populasi terlindungi," ujar Bambang.

    Demi mencapai herd imunity, dibutuhkan vaksinasi setidaknya terhadap 173 juta masyarakat Indonesia. Jumlah tersebut merupakan jumlah minimum masyarakat yang harus menerima vaksin.

    "Jumlahnya 173 juta, misalnya 175 juta lah (masyarakat yang diberikan vaksin). Itu jumlah minimum orang yang harus divaksinasi. Dipastikan memiliki kekebalan," kata Kepala LBM Eijkman Amin Soebandrio.


    (CEU)


    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id