Pamit, Bambang Brodjonegoro: Saya Sedih Jadi Menristek Terakhir

    Muhammad Syahrul Ramadhan - 12 April 2021 19:01 WIB
    Pamit, Bambang Brodjonegoro: Saya Sedih Jadi Menristek Terakhir
    Menristek Bambang Brodjonegoro (Foto: tangkapan layar Youtube)



    Jakarta: Menteri Riset dan Teknologi/Kepala Badan Riset Inovasi Nasional (Menristek/BRIN) Bambang Brodjonegoro pamit dari jabatan menteri. Ia mengaku sedih dengan kebijakan peleburan ke dalam Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud).

    "Secara pribadi saya juga merasa tidak enak, merasa sedih karena boleh dibilang saya jadi Menristek terakhir karena ristek-nya tidak lagi menjadi kementerian yang berdiri sendiri seperti dulu," ujar Bambang dalam diskusi daring Ikatan Alumni Program Habibie, Minggu, 11 April 2021.






    Sebelumnya, Menristek juga sudah berpamitan saat melakukan kunjungan kerja di Universitas Hasanudin (Unhas) dalam acara peresmian Science Techno Park di kampus tersebut.  "Hari ini, mungkin menjadi kunjungan terakhir saya sebagai menristek. Karena dengan hasil sidang paripurna DPR tadi, Kemenristek akan dilebur ke Kemendikbud," ucapnya Jumat lalu.

    Sementara itu, terkait nasib BRIN Bambang mengaku belum tahu usai peleburan Kemenristek ke Kemendikbud. Termasuk, nasib Lembaga Pemerintah Non Kementerian (LPNK) berbasis riset.

    "Unfortunately itu keputusan yang sudah diambil, saya belum tahu nanti detail bagaimana, yang pasti itulah yang akan berlangsung dan saya tidak tahu nanti BRIN dengan format apa, serta apa yang akan terjadi dengan LPNK saya juga susah menebak," ujarnya.

    Baca: Nadiem Luncurkan Program Pertukaran Mahasiswa Merdeka

    Rapat Paripurna DPR menyetujui Surat Presiden Nomor R-14/Pres/03/2021 perihal Pertimbangan Pengubahan Kementerian yang sebelumnya telah dibahas dalam Rapat Konsultasi Pengganti Badan Musyawarah (Bamus) DPR pada Kamis, 8 April 2021. Salah satunya terkait penggabungan tugas antara dua kementerian.
     
    Lewat keputusan ini, Kemenristek diputuskan digabungkdan dengan Kemendikbud. Sementara BRIN, dikabarkan akan menjadi badan otonom.

    (AGA)

    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Komentar

    LOADING
    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id