Produksi Vaksin Covid-19 di Indonesia Dipastikan Melibatkan MUI

    Muhammad Syahrul Ramadhan - 29 Juli 2020 21:39 WIB
    Produksi Vaksin Covid-19 di Indonesia Dipastikan Melibatkan MUI
    Ilustrasi. Medcom.id
    Bandung: Menteri Riset dan Teknologi/Kepala Badan Riset Inovasi Nasional (Menristek/Kepala BRIN) Bambang Brodjonegoro menyampaikan pembuatan vaksin virus korona (covid-19) di dalam negeri melibatkan Majelis Ulama Indonesia (MUI). Ini guna memastikan kehalalan vaksin yang sedang dikembangkan Lembaga Biologi Molekuler (LBM) Eijkman.

    "Sudah sejak awal bekonsultasi dengan MUI mengenai apa saja yang harus dipenuhi agar nantinya bisa memenuhi syarat halal," kata Bambang dalam kunjungannya ke Laboratorium Bio Farma, Bandung, Rabu, 29 Juli 2020.

    Bambang juga meyakini Bio Farma sebagai perusahaan yang memproduksi vaksin untuk masyarkat Indonesia ini bisa memastikan kehalalan vaksin tersebut. Pasalnya, Bio Farma sudah mempunyai segudang pengalaman, untuk memastikan produknya halal.

    "Pada produksi saya yakin Bio Farma juga sudah punya pengalaman panjang untuk mendapatkan status tersebut dari Dewan Syariah atau MUI," tuturnya.

    Baca: Menristek Pastikan Bio Farma Siap Produksi Vaksin Covid-19

    Bambang menjelaskan pengembangan vaksin covid-19 buatan dalam negeri atau vaksin Merah Putih yang berbasis virus Indonesia ini terus dikerjakan. Targetnya, sudah masuk dalam tahap uji hewan akhir tahun ini.

    "Jika efektif nanti bibit vaksinnya dari Eijkman diserahkan pada Bio Farma. Nanti Bio Farma memproduksi bibit vaksin itu menjadi vaksin yang dipakai oleh uji klinis, baik pre klinis maupun uji klinis," tuturnya.

    Sementara itu, Direktur Utama Bio Farma Honesti Basyir menyebut untuk uji klinis vaksin Merah Putih terhadap manusia ditargetkan dapat dieksekusi pada 2021. Kemudian pada 2022, vaksin Merah Putih bisa diproduksi.

    "Kami targetkan tahun depan uji klinis ke manusia tahap satu, dua dan tiga. Kalau lancar semua mudah-mudahan awal 2022 mungkin kita bisa produksi untuk vaksin Merah Putih," tutur Basyir.

    (AGA)


    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id