Mahasiswa UMM Rancang Aplikasi Penguatan Karakter Berbasis Keluarga

    Antara - 16 September 2020 21:08 WIB
    Mahasiswa UMM Rancang Aplikasi Penguatan Karakter Berbasis Keluarga
    Salah satu mahasiswa Universitas Muhammadiyah Malang (UMM) perancang aplikasi "Child In", yakni aplikasi penguatan karakter berbasis keluarga (Foto: Dok UMM)
    Malang: Sejumlah mahasiswa Universitas Muhammadiyah Malang (UMM) merancang aplikasi penanaman karakter anak berbasis keluarga yang diberi nama 'Child In'. Aplikasi ini diharapkan memaksimalkan fungsi-fungsi utama yang dimiliki keluarga sebagai institusi sosial.

    "Keluarga merupakan institusi sosial dengan sifat universal multifungsional, yaitu fungsi pengawasan, sosial, pendidikan, keagamaan, perlindungan, dan rekreasi. Fungsi tersebut dapat dimaksimalkan untuk meningkatkan kualitas karakter anak," kata salah satu mahasiswa UMM perancang Child In, Asmaul Farida Azizi, di Malang, Rabu, 16 September 2020

    Mahasiswa Prodi Pendidikan Bahasa Indonesia, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan (FKIP), UMM itu menjelaskan, angka kekerasan anak di Indonesia masih terus mengalami peningkatan. Grafik keterlibatan anak dalam ranah hukum pun masih tinggi. 

    Artinya, ada hak anak yang belum terpenuhi sehingga timbul penyimpangan pada anak dan penyimpangan oleh anak. Permasalahan ini sebenarnya bisa diatasi dengan mengoptimalkan peran keluarga dalam hal penguatan karakter anak.

    Baca: Prolislim, Obat Herbal Pelangsing Ciptaan Dosen IPB

    Berangkat dari kegelisahan itu, Asmaul Farida Azizi bersama Alfi Khoiru An Nisa, dan M Bagas Prayoga, di bawah bimbingan dosen Fida Pangesti menggagas aplikasi penanaman karakter anak berbasis keluarga bernama Child In.

    Aplikasi Child In fokus pada tiga dari lima klaster yang ditentukan oleh Kementerian Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak. Yaitu, lingkungan keluarga dan pengasuhan alternatif pendidikan, pemanfaatan waktu luang dan kegiatan budaya, serta perlindungan khusus.
     

    Halaman Selanjutnya
    Aplikasi Child In ini memiliki…
    • Halaman :
    • 1
    • 2
    Read All


    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id