GeNose Ideal Digunakan Deteksi Covid-19 di Tempat Wisata

    Ilham Pratama Putra - 19 Februari 2021 18:20 WIB
    GeNose Ideal Digunakan Deteksi Covid-19 di Tempat Wisata
    Menristek Bambang Brodjonegoro. Foto: Zoom



    Jakarta:  Menteri Riset Teknologi/ Kepala Badan Riset Inovasi Nasional (Menristek/BRIN) Bambang Brodjonegoro berharap alat deteksi covid-19 melalui embusan napas GeNose dapat memulihkan sektor pariwisata. Keberadaan GeNose di tempat-tempat wisata Dakan membuat wisatawan lebih percaya diri melakukan perjalanan.

    "Kita harapkan dengan GeNose pelan-pelan mulai ada confidence dari wisatawan dan pariwisata bergerak lagi. Bagi Saya GeNose ini ideal digunakan di tempat-tempat wisata dan juga di pabrik," kata Bambang dalam Peluncuran GeNose untuk Kepariwisataan Indonesia, Jumat 19 Februari 2021.




    Kepercayaan diri itu muncul karena nantinya GeNose buatan UGM Ini akan dimanfaatkan sebagai alat deteksi saat wisatawan melakukan perjalanan. GeNose akan membantu 'menyaring' para wisatawan.

    "Saya mengatakan, tujuan screening adalah mencegah orang yang positif di antara kita. Semua di-GeNose dulu, sehingga kita tidak terlalu khawatir karena sudah ada seleksi dari GeNose tadi," jelasnya.

    Meski begitu, pelaksanaan memakai masker, menjaga jarak, dan mencuci tangan (3M) tetaplah menjadi kewajiban saat melakukan wisata di tengah pandemi. Sebab GeNose hadir sebagai alat deteksi dini untuk menciptakan ruang lingkup rasa aman ketika berkegiatan bersama khususnya dalam pariwisata.

    "Dan insitutusi pariwisata tetap menjaga 3M," tegas dia.

    Baca juga:  Kasus Aktif Covid-19 Usia Pelajar Terbanyak di Pulau Jawa

    Menurutnya kegiatan pariwisata dapat dikatakan lebih aman ketika herd immunity dari pemberian vaksin dapat terbentuk. Selama itu pula 3M harus terus dijalankan.

    "Tapi sampai herd immunity belum tercapai, 3M tetap dilakukan dan GeNose akan membantu kita semua dalam melakukan kegiatan agar lebih lancar," tutup Bambang.


    (CEU)

    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id