Unair Mampu Identifikasi Covid-19 Secara 'Kilat'

    Amaluddin - 15 Maret 2020 23:30 WIB
    Unair Mampu Identifikasi Covid-19 Secara 'Kilat'
    Ilustrasi. Foto: Medcom.id
    Jakarta:  Institute of Tropical Disease (ITD) Universitas Airlangga (Unair) bekerja sama dengan Kobe University berhasil mendapatkan reagen (bahan yang dipakai dalam reaksi kimia, biasa dipakai untuk mengetes darah) untuk memeriksa dan mendeteksi covid-19. Dengan ini, ITD Unair mampu mengidentifikasi korona dalam waktu yang relatif cepat

    "Reagennya yaitu premier spesifik yang bisa digunakan, untuk mengidentifikasi seseorang yang suspect maupun positif covid-19," kata Rektor Universitas Airlangga, Mohammad Nasih, Minggu, 15 Maret 2020.

    Terkait masalah korona, Nasih mengaku RS Unair dan ITD akan berkolaborasi untuk mengidentifikasi keberadaan virus korona khususnya di Jatim. Menurut Nasih, ITD Unair mampu mengidentifikasi korona dalam waktu yang tidak lama.

    "Untuk menguji sampel Korona tidak butuh waktu hingga tujuh hari.  Hasilnya bisa keluar tiga hari, bahkan bisa hanya dalam waktu lima jam," ungkap Nasih. 

    Di lingkup internal, kata Nasih, kemampuan Unair dalam mendeteksi virus korona tersebut tidak terlepas dari kerja sama berbagai pihak, seperti RS Unair, RSUD dr Soetomo, ITD, dan para pakar dan ahli dari Unair.

    Sejak kemunculan virus korona di Indonesia, tes korona hanya bisa dilakukan di Balitbangkes Kemenkes. Kini, Presiden Joko Widodo memerintahkan tes pemeriksaan covid-19 juga dilakukan di luar lingkungan Kemenkes, salah satunya di RS Unair Surabaya.

    Nasih menyambut baik penunjukan Rumah Sakit Unair tersebut.  Nasih menyatakan, RS Unair siap menangani pasien covid-19.

    "Kami senang bisa membantu permasalahan yang tengah dihadapi bangsa sekarang ini, tentu kami berkomitmen untuk menangani masalah covid-19," kata Nasih.

    Nasih berjanji akan memberikan pelayanan terbaik untuk bangsa Indonesia. Ia juga berjanji RS Unair akan semaksimal mungkin dalam menangani kasus covid-19.



    (CEU)

    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    HOT ISSUE

    MORE
    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id