Deteksi Covid-19 dengan GeNose, Harus Puasa Petai Hingga Rokok

    Ilham Pratama Putra - 05 Januari 2021 10:41 WIB
    Deteksi Covid-19 dengan GeNose, Harus Puasa Petai Hingga Rokok
    Ilustrasi rokok. Foto: Pixabay
    Jakarta:  Universitas Gadjah Mada (UGM) berhasil menciptakan alat deteksi covid-19 melalui embusan napas, yakni GeNose. Karena menggunakan embusan napas, maka ada beberapa syarat bagi masyarakat yang harus dihindari sebelum mengembuskan napasnya melalui GeNose.

    "Itu sudah ada dalam Standar Operasional Prosedur (SOP). Kalau orang mau dites itu harus puasa dari rokok, alkohol, makanan petai," kata Ketua Tim Pengembang GeNose, Kuwat Triyana kepada Medcom.id, Selasa, 5 Januari 2021.

    Hal tersebut diketahui setelah GeNose melalui uji diagnostik kepada masyarakat yang lebih luas. Menurutnya puasa minimal 30 menit itu bukanlah merupakan kelemahan satu alat.

    "Itu bukan kelemahan alat, itu namanya prekondisi pasien. Sama seperti orang uji darah kan dia mesti puasa enam jam begitu," terang Kuwat.

    Baca juga:  Pengembang Luruskan Berbagai Tuduhan Soal Kelemahan GeNose

    Kuwat menerangkan, orang yang memakan petai, merokok atau minum alkohol sebelum tes akan mendapatkan hasil tes yang sifatnya abu-abu. Atau berada di antara garis positif dan negatif.

    "Dengan nilai pertengahan itu ya tinggal kita minta sikat gigi untuk membersihkan mulut.  Lalu 30 menit berikutnya datang lagi, kita cek lagi maka hasilnya itu negatif. Jadi tidak ada masalah," jelasnya.

    Dia menyayangkan, ada beberapa pihak yang menganggap, tidak terdeteksinya napas pasien akibat mengonsumsi makanan tertentu diasumsikan sebagai kelemahan alat. Padahal hal itu hanya bentuk prekondisi terhadap pasien sebelum menggunakan alat.

    "Namanya semua alat pasti ada prekondisi. Sama juga dengan pasien, juga pasti ada prekondisinya. Dan itu sudah menjadi SOP," tutup dia.

    (CEU)

    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id