Jokowi Ajak Inovator Bertalenta Berkontribusi untuk Indonesia

    Ilham Pratama Putra - 10 November 2020 15:17 WIB
    Jokowi Ajak Inovator Bertalenta Berkontribusi untuk Indonesia
    Presiden Joko Widodo dalam pembukaan Inovasi Indonesia Expo 2020. Tangkapan Layar.
    Jakarta: Presiden Republik Indonesia, Joko Widodo mengajak para inovator memberikan sumbangsih bagi kemajuan bangsa dan negara. Menurutnya, talenta inovator dan peneliti yang mumpuni bisa memberi kontribusi bagi kemanusiaan dan kehidupan yang lebih baik di Indonesia.

    "Indonesia membutuhkan lebih banyak lagi inovator di berbagai sektor yang sangat dibutuhkan masyarakat seperti pangan, energi, kesehatan, termasuk inovasi dalam manajemen, model bisnis, dan digitalpreneur," kata Jokowi dalam Pembukaan Inovasi Indonesia Expo 2020, Artificial Intelligence Summit 2020 dan Pemberian Anugerah Inovasi, Selasa 10 November 2020.

    Jokowi mengatakan, dorongan tersebut dilatarbelakangi kepercayaan yang tinggi dari pemerintah. Masa depan, inovasi adalah kunci transformasi.

    Bukan hanya itu, menurut Jokowi, inovasi juga merupakan energi untuk menciptakan perubahan. Inovasi turut membawa solusi dari berbagai permasalahan, dan memenangkan persaingan.

    Baca: Inovasi Indonesia Expo 2020 Dorong Hilirisasi Riset

    Kebutuhan inovasi terpampang jelas, terlebih saat ini dunia dilanda pandemi covid-19. Akibat pandemi, kata dia, semua negara tengah berlomba-lomba menjadi yang terdepan, tercepat, dan ingin menjadi yang terunggul dalam berbagai bidang inovasi.

    "Inovasi pun berhasil menemukan karya-karya yang sangat dibutuhkan bagi percepatan penanganan covid-19, salah satunya yakni GeNose yang bisa mendeteksi virus dari hembusan napas dari mulut yang mudah dan cepat," jelas mantan Wali Kota Solo itu.

    Jokowi menyebut inovasi tak muncul begitu saja. Dalam menciptakan inovasi dibuthkan pula ekosistem yang kondusif, agar inovator dan hasil inovasi terus bermumculan.

    "Maka kita harus terus memfasilitasi kerjasama antar stakeholder memperkuat multiple helix memperkuat kolaborasi antara para inovator dengan industri dengan pemerintah dan masyarakat," ungkapnya.

    (AGA)

    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id