139 Penelitian Dapat Pendanaan Tahap Kedua Konsorsium Inovasi Covid-19

    Muhammad Syahrul Ramadhan - 10 Juli 2020 19:32 WIB
    139 Penelitian Dapat Pendanaan Tahap Kedua Konsorsium Inovasi Covid-19
    Ilustrasi. Foto: MI/Rommy Pujianto
    Jakarta: Kementerian Riset dan Teknologi Badan Riset Inovasi Nasional (Kemenristek/BRIN) mengumumkan 139 proposal penelitian yang mendapatkan pendanaan tahap kedua Konsorsium Riset dan Inovasi Covid-19. Total pembiayaan untuk 139 proposal penelitian ini senilai Rp27,3 miliar.

    "Tahap kedua ini harapan saya kegiatan Litbangjirap (Penelitan, Pengembangan, Pengkajian dan Penerapan) melengkapi yang belum selesai dilakukan di tahap pertama," kata Menristek/Kepala Badan Riset dan Inovasi Nasional (BRIN) Bambang Brodjonegoro, Jumat, 10 Juli 2020.

    Bambang menyampaikan proposal di tahap kedua ini melengkapi proposal penelitian tahap I. Ada lima klasifikasi proposal penelitian, yakni pencegahan, skrinning, alat kesehatan dan pendukung, obatan-obatan dan terapi, mulitcenter clinic, dan sosial humaniora.

    "Kami melihat covid-19 masih merupakan pandemi yang mengkhawatirkan, dengan jumlah infeksi yang semakin banyak dan mungkin itu merupakan bagian dari konsekuensi testing makin besar. Tapi kita harus berupaya mencegah penyebarannya," ungkapnya.

    Baca: Menristek Dorong Peneliti Indonesia Kembangkan Mesin RT PCR

    Ia pun menegaskan, berkaca pada pengalaman tahap pertama, kolaborasi dan sinergi lintas bidang amat diperlukan. Kolaborasi dan sinergi tidak hanya antar lembaga maupun bidang keilmuan, tetapi juga masyarakat dan mitra industri.

    "Dengan dua tantangan itu, kerja sama bisa jadi lebih baik sehingga ada saling pengertian, apa yang dibutuhkan masyarakat itu dipahami peneliti dan industri juga bisa memahami apa yang bisa dilakukan oleh peneliti," terangnya.

    Direktur Utama Lembaga Pengelola Dana Pendidikan (LPDP) Rionald Silaban mengatakan berharap pihaknya bisa membantu mempercepat hasil riset yang sudah diajukan. "LPDP berharap dapat memfasilitasi Bapak dan Ibu peneliti dengan baik dan akseleratif untuk mencapai output riset yang ditetapkan," ujar Rionald.

    (AGA)


    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id