Dosen IPB Kembangkan Konsep Data Desa Presisi

    Arga sumantri - 13 Oktober 2020 09:08 WIB
    Dosen IPB Kembangkan Konsep Data Desa Presisi
    Wakil Kepala Bidang Pengabdian kepada Masyarakat, Lembaga Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat (LPPM) Institut Pertanian Bogor (IPB) University, Sofyan Sjaf. Dok IPB
    Bogor: Wakil Kepala Bidang Pengabdian kepada Masyarakat, Lembaga Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat (LPPM) Institut Pertanian Bogor (IPB) University, Sofyan Sjaf, mengembangkan konsep data desa presisi. Konsep ini dinilai dapat meningkatkan pembangunan desa di Indonesia.

    Sofyan menjelaskan, keberadaan desa tidak dapat dilepaskan dari agenda pembangunan nasional. Pasalnya, desa memiliki potensi sumberdaya yang selama ini dibutuhkan untuk memenuhi kebutuhan nasional. 

    Namun, hingga kini potensi desa masih belum bisa optimal pengelolaannya. Salah satu penyebabnya, yakni lemahnya basis data untuk pembangunan pedesaan.

    "Pembangunan nasional akan berhasil jika dilaksanakan secara demokratik dan dimulai dari desa. Masalahnya saat ini adalah desa mengalami permasalahan data. Warga desa ditempatkan sebagai obyek dalam penyusunan dan pengelolaan data desa," ungkap Sofyan dikutip dari siaran pers IPB University, Selasa, 13 Oktober 2020.

    Pakar Sosiologi Pedesaan itu menyatakan, data desa saat ini masih belum sesuai dengan kondisi aslinya. Hal tersebut menyebabkan data desa diragukan dan memerlukan banyak perbaikan.
     

    • Halaman :
    • 1
    • 2
    Read All


    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id