Hari Kebangkitan Nasional 2020

    Nadiem: Perguruan Tinggi Lahirkan 500 Inovasi Covid-19

    Muhammad Syahrul Ramadhan - 20 Mei 2020 15:07 WIB
    Nadiem: Perguruan Tinggi Lahirkan 500 Inovasi Covid-19
    Mendikbud, Nadiem Makarim. Foto: Instagram
    Jakarta:  Menteri Pendidikan dan Kebudayaan (Mendikbud), Nadiem Makarim menyebut ada 500 inovasi yang dihasilkan oleh perguruan tinggi terkait penanganan covid-19.  Kini produk inovasi tersebut sudah ada yang diproduksi massal, bahkan digunakan di fasilitas pelayanan kesehatan.

    “500 karya inovatif sains dan teknologi telah dihasilkan berbagai perguruan tinggi dalam waktu yang singkat, ventilator, robot nurse, rapid test kit, PCR kit, dan alat kesehatan lainnya,” kata Nadeim dalam video Peringatan Hari Kebangkitan Nasional (Harkitnas) yang diunggah akun Instagram @ditjendikti, Rabu, 20 Mei 2020.

    Ia pun mengapresiasi para dosen, peneliti, dan mahasiswa yang sudah berkarya untuk bangsa. Apalagi selama ini alat-alat kesehatan masih didominasi produk impor.

    “Selama ini diimpor ternyata bisa diproduksi dan dikembangkan oleh anak bangsa, dengan menggunakan materi dalam negeri. Begitu juga untuk pengembangan riset, suplemen, obat, dan terapi covid-19,” jelasnya.

    Baca juga:  Harkitnas 2020, Jokowi Luncurkan 55 Produk Inovasi Covid-19

    Ini, kata Nadiem, merupakan wujud nyata dari program Merdeka Belajar yang diluncurkan akhir tahun lalu.  Ada kemandirian dari perguruan tinggi untuk menghasilkan karya yang bermanfaat.

    Selain itu juga menunjukkan adanya gotong royong dari semua pihak, mulai perguruan tinggi, Kementerian, dunia usaha, dunia industri jug masyarakat.  “Inovasi civitas academy ini wujud nyata semangat Merdeka Belajar, sekaligus mengukuhkan jatih diri bangsa sebagai bangsa yang bergotong royong,” ujarnya.

    Ke depan, Kemendikbud lanjutnya akan terus mendorong agar perguruan tinggi terus berkarya dengan produk inovatif sains dan teknologinya.  Hari ini, bertepatan dengan Hari Kebangkitan Nasional, Presiden Joko Widodo meluncurkan 55 produk inovasi covid-19.

    Baca juga:  Menristek Sebut Riset Bakal Fokus Hadapi Situasi New Normal

    Produk-produk tersebut merupakan hasil inovasi dari Konsorsium Inovasi dan Inovasi Covid-19 Kementerian Riset dan Teknologi Badan  Riset Inovasi Nasional (Ristek/BRIN).  Presiden Jokowi menyampaikan, bahwa peluncuran produk-produk inovasi ini menjadi momentum kebangkitan teknologi dalam negeri, khususnya di bidang kesehatan.

    “Ini momentum baru bagi kebangkitan bangsa, momentum baru kebangkitan sains dan teknologi kita khususnya di bidang kesehtan,” kata Jokowi.

    Sementara itu Menristek/Kepala BRIN, Bambang Brodjonegero menyampaikan, ini merupakan  momentum untuk menekan ketergantungan pada produk alat kesehatan impor. Untuk itu diperlukan juga kolaborasi mulai dari Kementerian, Lembaga Penelitian, Perguruan Tinggi, dunia industri, dunia usaha BUMN, dan swasta.

    “Membangun industri alat keshatan dan obat yang selama ini masih banyak tergantung impor. Nantinya industri alat kesehatan Indonesia bukan hanya tempat manufacturing, tetapi juga mampu menghasilkan produk inovasi,” jelasnya.


    (CEU)


    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id