Riset Dimulai, Unair Optimistis Segera Temukan Vaksin Korona

    Amaluddin - 19 Maret 2020 13:36 WIB
    Riset Dimulai, Unair Optimistis Segera Temukan Vaksin Korona
    Ilustrasi: Medcom.id
    Surabaya: Rektor Universitas Airlangga (Unair) Surabaya, Mohammad Nasih optimistis, kampusnya mampu menciptakan vaksin untuk menangkal virus korona atau coronavirus (covid-19).  Vaksin virus Korona tersebut saat ini tengah dibuat oleh Institute of Tropical Disease (ITD) Unair.

    "Saat ini proses menyusun proposal dan kami siap melanjutkan ke tahap berikutnya untuk ke produk vaksin covid-19," kata Nasih saat dikonfirmasi, Rabu, 18 Maret 2020.

    Nasih bersama ITD sudah mendiskusikan berbagai langkah dan metode yang tengah disiapkan. Bahkan, Nasih menyebut ITD telah mengantongi enam sampel spesimen positif covid-19, dari Balitbang Kementerian Kesehatan.

    "Pembuatan vaksin bisa dilakukan, tapi memang butuh waktu lama dan prosesnya panjang. Oleh karenanya, terus kami upayakan percepatannya di segala lini," ujar Ketua Lembaga Tes Masuk Perguruan Tinggi (LTMPT) ini.

    Baca juga:  Unair Ciptakan Aplikasi Permudah Mahasiswa Ujian Daring

    Menurut Nasih, banyak tahapan yang harus dilalui untuk menemukan vaksin covid-19.  Misalnya, melakukan pendekatan, pengujian pada hewan dan tahap klinis. "Prosesnya cukup panjang, tapi kami optimis dengan seizin Balitbangkes, kita akan bisa mengembangkan produk itu," ujarnya.

    Saat ini SK untuk kewenangan Unair dalam pembuatan antivirus atau vaksin masih belum turun dari Balitbangkes, karena masih dalam proses telaah proposal. "Kami mohon doa restunya saja mudah-mudahan dalam waktu yang sangat lama kita bisa menemukan penangkal virus covid-19 ini," pungkasnya.




    (CEU)

    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    HOT ISSUE

    MORE
    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id