Menristek Dorong Peneliti Indonesia Kembangkan Mesin RT PCR

    Muhammad Syahrul Ramadhan - 10 Juli 2020 13:46 WIB
    Menristek Dorong Peneliti Indonesia Kembangkan Mesin RT PCR
    Menristek/Kepala BRIN Bambang Brodjonegoro. Zoom
    Jakarta: Menteri Riset dan Teknologi/Kepala Badan Riset Inovasi Nasional (Menristek/BRIN) Bambang Brodjonegoro mendorong peneliti utamanya untuk sektor teknik untuk mengembangkan mesin Reverse-Transcriptase Polymerase Chain Reaction (RT PCR). Dengan begitu, Indonesia tidak perlu lagi impor.

    "Di sektor engineringg, mesin RT PCR saat ini masih impor," kata Bambang dalam Penetapan Proposal Penerimaan Dukungan Pendanan Tahap II Konsorsium Riset dan Inovasi Covid-19, Jumat, 10 Juli 2020.

    Bambang mengatakan, peneliti bisa membuat mesin RT PCR dengan berkolaborasi dan bersinergi lintas bidang. Dengan begitu Indonesia bisa memiliki mesin karya anak bangsa.

    "Saya dorong bapak ibu atau paling tidak punya dasar pengetahuan atau ekspertis terkait mesin itu mungkin sudah mulai mengupayakan  inovasi untuk mesin RT PCR yang memang jadi karya anak negeri," tegasnya.

    Baca: Kapal Hemat Energi Mahasiswa UI Terfavorit di Lomba Kelas Dunia

    Ia pun berharap Konsorsium dan Inovasi Covid-19 ini bisa menjadi wadah bagi peneliti dan perekayasa mengembangkan produk dalam negeri untuk memenuhi kebutuhan saat ini, yakni mengatasi pandemi covid-19. Dengan begitu lanjutnya, riset dan inovasi dalam negeri bisa naik kelas, dari tidak diperhatikan, menjadi dibutuhkan masyarakat.

    "Naik kelas menjadi sesuatu yang memang dibutuhkan oleh masyarakat dan menjadi kebanggaan dari kita semua sebagai bangsa Indonesia,” ujarnya.

    (AGA)


    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id