Selain Vaksin, Pemerintah juga Kembangkan Suplemen Herbal Covid-19

    Ilham Pratama Putra - 20 Oktober 2020 20:19 WIB
    Selain Vaksin, Pemerintah juga Kembangkan Suplemen Herbal Covid-19
    Ilustrasi Herbal. Foto: Unsplash.
    Jakarta: Pemerintah tengah mengembangkan suplemen khusus untuk menjaga daya tahan tubuh dari virus korona (covid-19). Menteri Riset dan Teknologi/Kepala Badan Riset Inovasi Nasional (Menristek/BRIN) Bambang Brodjonegoro mengatakan, suplemen ini digadang-gadang bakal menjadi obat herbal penangkal korona di Indonesia.

    "Mendorong riset di bidang immunomodulator atau suplemen yang spesifik untuk menjaga daya tahan tubuh," kata Bambang dalam konferensi virtual 'Pengembangan Vaksin, Terapi dan Inovasi Covid-19', Selasa, 20 Oktober 2020.

    Pengujian tahap pertama sudah dilakukan di Rumah Sakit Darurat Wisma Atlet, Jakarta. Pengembangan suplemen untuk covid-19 dibantu oleh perusahaan farmasi Kalbe Farma.

    "Semoga kita bisa mendapatkan paling tidak satu jenis yang secara resmi bisa dikatakan sebagai suplemen covid-19. Kami masih menunggu hasil dari BPOM (Badan Pengawas Obat dan Makanan)," ujarnya.

    Tanaman herbal yang sedang diuji di antaranya jahe merah, echinacea, meniran, sembiloto, temulawak, kunyit, sereh dan kayu manis. Kemudian, seledri, cengkeh, daun kelor, mengkudu, sirsak, manggis, jeruk, dan jambu juga masuk dalam daftar pengujian.

    Baca: Vaksin Merah Putih Paling Cepat Siap di Triwulan Ketiga 2021

    Beberapa waktu lalu, Institut Teknologi Bandung (ITB) pernah membongkar rahasia kunyit dan temulawak yang bisa memperkuat imun. Senyawa kimia kurkumin dalam bumbu dapur itu dipercaya meningkatkan daya tahan tubuh dari serangan virus korona.

    Dekan Sekolah Farmasi, Daryono menyebut kurkumin yang terkandung di kedua tumbuhan itu memiliki potensi terapeutik yang beragam. Seperti antibiotik, antiviral, antioksidan, antikanker, dan untuk penanganan penyakit alzheimer.

    "Gabungan kandungan senyawa kimia dari tanaman tersebut bermanfaat sebagai imunomodulator untuk menjaga daya tahan tubuh," kata Daryono, Senin, 23 Maret 2020.

    (AGA)

    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id