comscore

Peneliti BRIN Temukan 6 Begonia Jenis Baru di Sumatra

Arga sumantri - 20 Januari 2022 07:04 WIB
Peneliti BRIN Temukan 6 Begonia Jenis Baru di Sumatra
Tanaman Begonia. Foto: BRIN.
Jakarta: Peneliti dari Pusat Riset Biologi dan Pusat Riset Konservasi Tumbuhan dan Kebun Raya Badan Riset dan Inovasi Nasional (BRIN) berhasil menemukan enam Begonia jenis baru dari Sumatra. Keenam jenis tersebut termasuk ke dalam seksi Jackia, dengan ciri khas tumbuhannya menjalar. 

Jenis-jenis tersebut telah berhasil dideskripsikan yaitu Begonia araneumoides, Begonia batuphila, Begonia panjangfolia, Begonia hijauvenia, Begonia perunggufolia dan Begonia mursalaensis.
Begonia merupakan salah satu jenis tumbuhan berguna yang banyak dimanfaatkan sebagai tanaman hias bahkan ada beberapa jenis yang digunakan sebagai tanaman obat. Begonia yang banyak dimanfaatkan sebagai tanaman hias, umumnya sudah melalui proses budidaya, sehingga sudah dapat beradaptasi dengan baik pada lingkungan yang baru.

Baca; BRIN Targetkan Komersialisasi PTLP Modular pada 2025

Selain itu, jenis-jenis yang dijadikan tanaman hias sudah banyak yang dikawin silangkan. Sehingga, menghasilkan kultivar yang cantik dan menarik, terutama pada pola warna dan bentuk daunnya yang unik.

Peneliti Pusat Riset Biologi BRIN Deden Girmansyah mengungkapkan bahwa selain Begonia yang sudah dibudidayakan, banyak jenis Begonia yang masih hidup liar di alam bebas. Jumlah jenis Begonia liar lebih dari 2.000 jenis di dunia. Begonia liar tersebar di kawasan tropik dan subtropik kecuali kawasan tropik Australia.

"Indonesia memiliki berbagai habitat yang sesuai sebagai tempat tumbuh Begonia liar, dan hampir di seluruh wilayah Indonesia dapat ditemukan Begonia liar. Jenis-jenis Begonia liar di Indonesia, pada umumnya ditemukan di dataran tinggi dan pada batuan kars, dan hanya beberapa jenis ditemukan di dataran rendah," terang Deden mengutip siaran pers BRIN, Kamis, 20 Januari 2022.

Deden menambahkan, Pulau Sumatra memiliki keragaman jenis Begonia yang tinggi. Sampai saat ini, terdapat lebih dari 70 jenis Begonia dan lebih dari 20 jenis baru Begonia sudah ditemukan dan diterbitkan di Jurnal-jurna internasional atau Global.
 







Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

 

 

Komentar

LOADING
Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

  1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
  2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
  3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
  4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

Anda Selesai.

Powered by Medcom.id