Kemenkes Tunggu Laporan Tim Peneliti Vaksin Nusantara

    Ilham Pratama Putra - 22 Februari 2021 15:41 WIB
    Kemenkes Tunggu Laporan Tim Peneliti Vaksin Nusantara
    Ilustrasi. Medcom.id



    Jakarta: Vaksin Nusantara yang digagas mantan Menteri Kesehatan, Terawan Agus Putranto dan dikembangkan Universitas Diponegoro (Undip) serta RSUP dr Kariadi tengah menjadi perbincangan. Kementerian Kesehatan sendiri saat ini tengah menunggu laporan penelitian yang dilakukan oleh tim Vaksin Nusantara tersebut.

    "Jadi kita tunggu dari para peneliti atau dari perguruan tinggi bersangkutan ya," kata Juru Bicara Pemerintah untuk Vaksinasi Covid-19 dari Kemenkes, Siti Nadia Tarmizi kepada Medcom.id, Senin 22 Februari 2021.




    Nadia mengatakan, saat ini pihaknya terus berkoordinasi dengan tim peneliti vaksin Nusantara. Pembicaraan masih seputar penelitian.  "Ini (pembicaraan) masih di ranah penelitian," terangnya.

    Nadia mengaku, pihak Kemenkes tidak sabar menunggu bentuk rancangan dan prosedur dari pembuatan vaksin Nusantara. Dia berharap, tim Vaksin Nusantara segera menyelesaikan bentuk rancangan penelitian yang tim peneliti lakukan.

    "(Berharap) agar prosesnya bisa berlangsung cepat, dan tentunya penelitian dan prosedurnya juga baik," tegas Nadia.

    Baca juga:  Menristek Ajak Vaksin Nusantara Masuk Konsorsium

    Sebelumnya Menteri Riset dan Teknologi/ Kepala Badan Riset dan Inovasi Nasional (Menristek/ BRIN), Bambang Brodjonegoro mengakui, Vaksin Nusantara memang dikembangkan di luar Konsorsium Riset dan Inovasi Covid-19. Namun, hal itu bukan berarti tidak didukung pemerintah.

    Justru Kemenristek meminta pengembang Vaksin Nusantara bergabung dengan konsorsium. "Betul, sementara masih di luar (konsorsium). Sedang kita minta masuk konsorsium," ujar Bambang.

    Dengan bergabungnya vaksin Nusantara ke dalam konsorsium juga melengkapi alternatif vaksin yang tengah dikembangkan Indonesia. Sehingga, bisa mempercepat terwujudnya herd immunity.
     
    "Ini akan menambah alternatif pengembangan vaksin covid-19 sejauh sesuai dengan standar dan regulasi serta membantu pencapaian herd immunity," tandas Bambang.


    (CEU)

    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id