comscore

BRIN Turun Tangan untuk Riset Pengendalian Virus PMK Hewan Ternak

Ilham Pratama Putra - 19 Mei 2022 14:21 WIB
BRIN Turun Tangan untuk Riset Pengendalian Virus PMK Hewan Ternak
Ilustrasi. Medcom.id/Ahmad Mustaqim
Jakarta: Kepala Badan Riset dan Inovasi Nasional (BRIN), Laksana Tri Handoko mengatakan Penyakit Mulut dan Kuku (PMK) yang menyerang hewan ternak bersifat akut dan menular. Penyakit ini akan merusak sejumlah bagian tubuh hewan.

"Untuk itu kami akan memberikan perhatian serius karena laju pengendalian penyakit ini dapat menghambat perdagangan ekspor. BRIN akan mengambil peran untuk riset dan inovasi dalam mendeteksi dan mengendalikan virus tersebut," kata Handoko dalam siaran YouTube BRIN, Kamis, 19 Mei 2022.
Handoko menjelaskan, BRIN memiliki kapasitas untuk mendukung upaya pemerintah dalam pengendalian PMK pada hewan ternak di Indonesia. Pihaknya bakal melakukan implementasi deteksi PMK di Indonesia.

"BRIN akan melakukan studi epidemiologi, mengisolasi, mengkarakterisasi virus PMK dengan melakukan analisis molekuler dengan whole genome sequencing," jelasnya.

Handoko menambahkan, BRIN juga melakukan identifikasi vaksin yang kompatibel dan virus yang beredar. "BRIN melakukan inovasi pengembangan deteksi cepat penyakit PMK melalui pengembangan uji point care (Lateral flow devices) yang dapat digunakan di lapangan dan pengembangan vaksin," ujarnya.

Badan Kesehatan Hewan Dunia, atau Office des Internationale Epizootis (OIE), telah menempatkan penyakit ini pada OIE Listed Diseases and Other Diseases of Importance. Atau masuk ke dalam daftar sebagai penyakit yang wajib dilaporkan oleh semua negara di dunia.

Baca juga:  Dokter IPB Ungkap Hal-hal yang Mesti Diketahui Soal PMK: dari Penyebaran Hingga Pencegahan Virus

Adapun hewan yang rentan terserang virus ini adalah hewan yang memiliki kuku belah. Seperti sapi, kerbau, domba, kambing, babi, kijang atau rusa, unta, dan gajah.


(CEU)

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

 

 

 

Komentar

LOADING
Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

  1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
  2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
  3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
  4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

Anda Selesai.

Powered by Medcom.id