Laboratorium BSL-2 Mobile Bisa Uji 1.000 Sampel Swab per Hari

    Ilham Pratama Putra - 11 Januari 2021 18:07 WIB
    Laboratorium BSL-2 Mobile Bisa Uji 1.000 Sampel Swab per Hari
    Menristek Bambang Brodjonegoro. Foto: Zoom
    Jakarta: Kemampuan testing dan tracing covid-19 terus ditingkatkan. Guna memperluas jangkauan keduanya, Kementerian Riset dan Teknologi/ Badan Riset dan Inovasi Nasional(Kemenristek/BRIN) mengembangkan Mobile Laboratory Biosafety Level-2 (BSL-2).

    Laboratorium BSL-2 mobile ini berupa kontainer yang dilengkapi roda dan bisa bergerak secara fleksibel. Sehingga mampu menjangkau dan semakin dekat dengan masyarakat yang akan diuji swab.

    Meski berupa laboratorium mini, jumlah uji hasil swab BSL-2 ternyata cukup tinggi. Laboratorium BSL-2 Mobile ini bisa menguji hingga 1.000 sampel dalam satu hari. 

    "Kalau bisa dioperasikan 24 jam, maka perkiraannya bisa 900 sampai 1.000 sampel per hari," kata Menristek/Kepala BRIN, Bambang Brodjonegoro dalam konferensi pers daring, Senin, 11 Januari 2021.

    Bambang menambahkan, untuk operasional 24 jam itu, maka dibutuhkan pula tenaga laboratorium yang tidak sedikit. Agar tenaga laboratorium bisa bergantian dengan melakukan shifting kerja dalam BSL-2.

    "Minimal ada delapan tenaga laboratorium. Apalagi tracing dan testing ini kan memang harus masif," jelasnya.

    Baca juga:  Agar Lebih Murah, Unpad Dorong Produksi Satu Juta CePAD

    Laboratorium BSL-2 Mobile sendiri merupakan inovasi yang dihasilkan oleh kementeriannya bersama beberapa lembaga lain, seperti Badan Pengkajian dan Penerapan Teknologi (BPPT). BSL-2 memang sengaja dirancang untuk menembus daerah yang sulit dijangkau.

    "Terlebih kalau ini dikirimkan ke daerah-daerah yang mengalami lonjakan (kasus) akan sangat membantu untuk segera melakukan testing atau tracing," tutupnya.


    (CEU)

    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id