Biopestisida Buatan UI, Tahan Hama dan Tingkatkan Kualitas Tanaman

    Arga sumantri - 21 Oktober 2020 18:01 WIB
    Biopestisida Buatan UI, Tahan Hama dan Tingkatkan Kualitas Tanaman
    Program pengabdian masyarakat Universitas Indonesia (UI) di Sembalun, NTB. Dok Humas UI.
    Jakarta: Guru Besar Fakultas Teknik Universitas Indonesia (FTUI) Misri Gozan, beserta tim mengenalkan hasil riset berupa biopestisida berbasis tembakau, Gogo Z Bio-01, kepada masyarakat petani di Desa Sembalun, Lombok Timur, Nusa Tenggara Barat. 

    Kegiatan bagian dari program pengabdian masyarakat (Pengmas) sebagai upaya menangani permasalahan pertanian di Desa Sembalun, khususnya Dusun Dasan, yang mengalami penurunan hasil panen selama beberapa tahun terakhir.

    Sejumlah kegiatan yang dilakukan yaitu uji coba lapangan, pelatihan dan focus group discussion (FGD) tentang implementasi produk biopestisida tembakau. Program pelatihan dan FGD mengusung tema utama 'Pemanfaatan Biopestisida Produk Riset UI untuk Tanaman Palawija di Sembalun Lombok Timur'.

    "Melalui pelatihan ini diharapkan hasil riset UI berupa biopestisida tembakau tersebut dapat diaplikasikan langsung oleh para petani sehingga mampu meningkatkan produktivitas," ujar Misri dalam keterangan tertulis, Rabu, 21 Oktober 2020.

    Baca: Selain Vaksin, Pemerintah juga Kembangkan Suplemen Herbal Covid-19

    Sebelumnya, pada Juli 2020, Misri dan tim telah melakukan uji coba lapangan Gogo Z Bio-01 di Desa Sembalun, Lombok Timur. Uji coba tersebut dilakukan dengan memberikan Gogo Z Bio-01 kepada petani secara cuma-cuma. Tim Pengmas FTUI juga menyediakan tenaga pendamping untuk memastikan bahwa penggunaan biopestisida sesuai dengan dosis yang telah ditentukan.

    "Program Pengmas yang kami tawarkan ini disambut hangat oleh Kepala Dusun dan para petani di Desa Sembalun, Lombok Timur," ujarnya.
     

    • Halaman :
    • 1
    • 2
    Read All

    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id