comscore

Kemendikbudristek: Merdeka Belajar Sediakan Pendidikan Berkualitas dan Adil

Ilham Pratama Putra - 07 Juni 2022 12:07 WIB
Kemendikbudristek: Merdeka Belajar Sediakan Pendidikan Berkualitas dan Adil
Kepala Badan Standar, Kurikulum, dan Asesmen Pendidikan (BSKAP) Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi (Kemendikbudristek) Anindito Aditomo (Nino). Medcom.id/Ilham Pratama Putra
Jakarta: Kepala Badan Standar, Kurikulum, dan Asesmen Pendidikan (BSKAP) Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi (Kemendikbudristek) Anindito Aditomo (Nino) menyebut Merdeka Belajar sejatinya memiliki konsep sederhana. Dia menyebut Merdeka Belajar bicara tentang kualitas dan keadilan.

"Kalau kita sarikan Merdeka Belajar itu kualitas dan keadilan. Menyediakan kesempatan belajar yang berkeadilan terhadap pendidikan yang berkualitas," kata Nino dalam siaran YouTube BSKAP Kemendikbudristek, Selasa, 7 Juni 2022.
Nino menerangkan kualitas yang dimaksud ialah upaya memastikan anak-anak Indonesia bukan sekadar sekolah. Namun, memiliki kesempatan untuk berkembang.

"Mereka mendapatkan stimulasi yang membuat mereka punya karakter kompetensi dasar yang akan mendukung masa depan mereka," tutur dia. 

Nino mengatakan Merdeka Belajar juga terkait keadilan. Dia menyebut pendidikan yang sukses dapat diraih dengan memberikan akses pendidikan berkeadilan.

"Karena saat ini kita akui kesempatan mendapatkan pendidikan yang berkualitas itu masih sangat timpang dalam sistem pendidikan kita. Baik itu antar wilayah atau kelompok sosial ekonomi," tutur dia. 

Dia yakin Merdeka Belajar mampu meraih pendidikan berkeadilan yang berkualitas. Nino mengatakan pendidikan Indonesia akan keluar dari krisis bila kualitas dan keadilan dapat diraih. 

"Ini adalah upaya kita meningkatkan kualitas pendidikan yang lebih berkadilan, agar kita keluar dari krisis belajar yang kita alami," kata Nino.

Baca: Mendikbudristek: Komunitas Merdeka Belajar Berperan Besar dalam Transformasi Sistem Pendidikan



(REN)

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

 

 

 

Komentar

LOADING
Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

  1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
  2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
  3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
  4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

Anda Selesai.

Powered by Medcom.id