comscore

Merancang Pembelajaran Matematika Harus Perhatikan Tingkat Berpikir Siswa

Ilham Pratama Putra - 29 April 2022 14:38 WIB
Merancang Pembelajaran Matematika Harus Perhatikan Tingkat Berpikir Siswa
Ilustrasi guru. MI/Gino Hadi
Jakarta: Ketua Program Studi Magister Matematika Terapan IPB, Jaharuddin, mengatakan peran guru menjadi penting untuk merancang pembelajaran matematika, terutama di SD. Dia mengatakan guru mesti paham perbedaan kemampuan berpikir siswa SD dalam menyerap pembelajaran matematika.

"Peran guru penting untuk merancang pembelajaran di SD. Harusnya guru memahami dulu tingkat berpikir siswa SD untuk memecahkan satu masalah," kata Jahar dalam webinar Sinau Vox Populi Institut, Jumat, 29 April 2022.
Dia mengklasifikasi tingkat berpikir siswa SD ke dua bagian, yakni tingkat rendah dan tinggi. Dia menuturkan pada siswa di kelas tingkat rendah, mereka baru bisa mengingat, memahami dan menggunakan.

"Pada tingkat rendah siswa SD masih melihat masalah matematika dari pengamatan langsung. Misalnya banyak benda-benda di sekitar mereka," tutur dia.

Sementara itu, di kelas dengan tingkat lebih tinggi mereka sudah mampu menganalisis, mengevaluasi, dan berkreasi. "Pada tingkatan lebih tinggi mulai berpikir kritis dan kreatif terutama kalau sudah masuk kelas 5 dan 6," ujar dia.

Jahar menyebut guru harus mampu mengidentifikasi murid sendiri. Sehingga, mampu memberikan pembelajaran yang tepat dan sesuai dengan kemampuan peserta didik.

Baca: Kesan Matematika Menyeramkan, Guru Bisa Mulai Kenalkan Sejarah Matematika
 

(REN)

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

 

 

 

Komentar

LOADING
Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

  1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
  2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
  3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
  4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

Anda Selesai.

Powered by Medcom.id