comscore

UIN Jakarta Buka Jalur Seleksi Mandiri, Simak Cara Daftarnya

Renatha Swasty - 03 Mei 2022 11:40 WIB
UIN Jakarta Buka Jalur Seleksi Mandiri, Simak Cara Daftarnya
Ilustrasi jalur mandiri. DOK Medcom
Jakarta: UIN Jakarta membuka penerimaan mahasiswa baru (PMB) Program S1 Tahun Akademik 2022/2023 mulai hari ini, Selasa, 3 Mei 2022. Sebanyak 56 program studi (prodi) dengan total kuota 1.849 kursi disediakan.

PMB Mandiri terbuka untuk siswa lulusan SMA/MA/SMK/Pesantren tahun lulus ijazah 2022, 2021, dan 2020. Siswa yang diterima juga harus memiliki kesehatan prima dengan dibuktikan surat keterangan sehat dari rumah sakit atau puskesmas setempat.
Seleksi Mandiri akan dibuka hingga 4 Juli 2022. Biaya pendaftaran Rp300.000 yang dibayarkan melalui bank mitra, seperti Bank Mandiri, BNI, BRI, BTN, dan Bank Mega Syariah.

Pendaftaran seleksi Mandiri dilakukan secara online di laman https://www.uinjkt.ac.id/. Caranya, klik admisi dan kemudian klik daftar dengan memilih SPMB UIN Jakarta serta kembali mengklik daftar.

Setelah itu, calon peserta harus memilih jenjang pendidikan dengan mengklik Strata Satu atau S1. Lalu, calon peserta mengisi borang pendaftaran secara lengkap sesuai daftar kolom yang disediakan.

Kemudian, calon peserta diminta mengunggah pas foto digital terbaru ukuran 4×6 cm dengan ketentuan background berwarna merah, berpakaian resmi (bukan seragam sekolah), wajah menghadap ke depan, resolusi sekurang-kurangnya 400x600 pixels dan ukuran file maksimum 200 KB dalam format JPEG (.jpg).

Langkah berikutnya, calon peserta mengklik atau mencentang warna kuning untuk mendapatkan kode bayar. Selanjutnya, calon peserta membayar ke bank sesuai nominal dengan mengikuti tata cara pembayaran yang diatur oleh pihak bank.

Calon peserta akan mendapatkan nomor ID dan PIN setelah berhasil membayar. Kode tersebut digunakan untuk login dan mengisi finalisasi pendafartaran.

Setelah yakin semua data terisi dengan benar, calon peserta lanjut mencetak kartu peserta atau kartu seleksi. Seleksi mandiri akan digelar pada 23-28 Juli 2022 secara online melalui aplikasi Sistem Seleksi Elektronik (SSE) UM-PTKIN. Aplikasi seleksi tersebut dapat diunduh pada 15 Juli 2022.

Namun, sebelum ujian, peserta terlebih dahulu mengikuti ujian simulasi atau uji coba SSE pada 20–21 Juli 2022. Sementara itu, pengumuman kelulusan pada 5 Agustus 2022 secara online.

Baca: 7 PTN dan PTS Ini Masih Buka Jalur Mandiri, Bisa Jadi Alternatif SBMPTN di 2022
 

(REN)

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

 

 

 

Komentar

LOADING
Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

  1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
  2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
  3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
  4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

Anda Selesai.

Powered by Medcom.id