comscore

Lebaran Berkebangsaan Ala Pelajar Indonesia di Leeds Inggris

Ilham Pratama Putra - 03 Mei 2022 13:48 WIB
Lebaran Berkebangsaan Ala Pelajar Indonesia di Leeds Inggris
Ilustrasi Lebaran. Medcom
Jakarta: Keluarga Islam Indonesia Britania Raya (Kibar) Leeds dan Persatuan Pelajar Indonesia (PPI) Greater Leeds merayakan Idulfitri di salah satu taman terbesar di Eropa. Pertemuan mengangkat tema wawasan kebangsaan.

"Mengangkat tema wawasan kebangsaan dalam memaknai pluralisme, warga Indonesia di Leeds, berkumpul di salah satu taman terbesar di Eropa, Roundhay Park, Leeds, United Kingdom," kata Ketua Pelaksana Acara, Mu’ti Sazali, dalam keterangan tertulis, Selasa, 3 Mei 2022.
Halalbihahal itu dihadiri pelajar yang sedang menempuh studi di kota Leeds dari jenjang Undergraduated sampai Doktoral. WNI yang hadir dibalut semangat kebersamaan dan kebangsaan yang sama, yaitu Satu Nusa, Satu Bangsa, Satu Bahasa, Indonesia.

"Agenda utama dalam pertemuan ini adalah penguatan wawasan kebangsaan dari seluruh elemen masyarakat yang tinggal atau berdomisili di kota Leeds," kata dia.

Mu'ti mengatakan perlunya penguatan wawasan kebangsaan oleh semua elemen untuk dapat memberikan jaminan atas tercapainya kepentingan nasional. Sebagai warga negara Indonesia di luar negeri, nasionalisme merupakan hal penting.

"Bagaimana memaknai pluralisme sebagai media persatuan dan kesatuan merupakan salah satu bentuk wawasan kebangsaan yang patut dipahami," kata dia.

Mu'ti menyebut seluruh WNI di Inggris merupakan representasi kemajemukan bangsa Indonesia. Sehingga, sebagai bagian dari masyarakat global, membangun citra Indonesia di mata dunia merupakan agenda yang tidak kalah penting.

Kegiatan itu juga bertepatan dengan Hari Pendidikan Nasional di Indonesia. Semangat pelajar Indonesia yang sedang menuntut ilmu di negeri rantau menjadi pemecut untuk menyerap ilmu sebanyak-banyaknya dan akhirnya ilmu tersebut dapat diaplikasikan dan digunakan untuk bangsa dan negara.

“Sekalipun ini adalah momen Idulfitri kita tidak membatasi pertemuan hanya untuk teman-teman sesama muslim saja, tapi seluruh elemen masyarakat Indonesia di kota Leeds dan sekitarnya pun turut serta tanpa memandang agama, ras, dan suku. Persatuan dan kesatuan serta kecintaan kita terhadap tanah air Indonesia adalah semangat kita bersama” tutur dia.

Baca: Cerita Plt Dirjen Diktiristek Rasakan Idulfitri Kaya Makna
 

(REN)

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

 

 

 

Komentar

LOADING
Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

  1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
  2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
  3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
  4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

Anda Selesai.

Powered by Medcom.id