comscore

Bingung Mulai Berusaha? Alumni Unair Bagikan Kunci Sukses Berwirausaha

Renatha Swasty - 25 Mei 2022 14:50 WIB
Bingung Mulai Berusaha? Alumni Unair Bagikan Kunci Sukses Berwirausaha
Alumnus kedokteran hewan Unair Aditya Tata Yuga. DOK Unair
Jakarta: Merintis usaha dari bawah tidak selalu berjalan mulus. Selain itu, terkadang ada rasa kebingungan mengenai jenis usaha dan hal-hal yang mesti disiapkan. 

Badan Eksekutif Mahasiswa Fakultas Kedokteran Hewan (BEM FKH) Universitas Airlangga (Unair) membekali mahasiswa perihal berkarier di bidang wirausaha dalam webinar bertajuk Veterina Business 101: Making a Successful Business Plan.
Beberapa model framework umumnya digunakan sebagai langkah awal memulai dunia wirausaha. Salah satu alumnus kedokteran hewan Unair Aditya Tata Yuga membahas mengenai persiapan sebelum berwirausaha, khususnya bagi mahasiswa kedokteran hewan. 

Tata mengawali kegiatan dengan memperkenalkan mahasiswa tentang bisnis model canvas. Dia menuturkan sebelum memulai usaha seorang harus memahami segala hal jenis usahanya, mempertimbangkan, serta menganalisis SWOT di dalam framework business model canvas.

Business model canvas dibagi menjadi empat bagian, yakni infrastruktur, pelayanan, pelanggan, dan finansial. Dia menuturkan pada business model canvas terdapat sembilan kolom atau bagian yang masing-masing dapat diisi sesuai fungsi masing-masing. 

Bagian-bagian tersebut telah disesuaikan dengan bisnis yang akan dijalankan, termasuk analisis SWOT. Tata membagi SWOT menjadi dua bagian, yakni dalam dan luar. 
Tata menyebut keduanya penting untuk dipahami dan diketahui dalam analisa apakah bisnis yang akan dibuat dapat berjalan atau tidak.

“SWOT gunanya untuk memahami kita ini siapa (secara internal), yakni kekuatan dan kelemahan apa saja yang ada di dalam. Serta apa saja yang ada di luar kita. Itu menyangkut opportunity dan ancaman dalam memulai bisnis,” ujar Tata dikutip dari unair.ac.id, Rabu, 25 Mei 2022.

Tata juga menyinggung pentingnya kemampuan marketing yang juga sepaket ketika menjalankan usaha. Dia menuturkan kemampuan marketing penting untuk diketahui sebagai bekal. 

Terlebih, saat masa pasca kampus di mana sebagai dokter hewan juga akan menawarkan jasa dalam hal ini juga dapat dikatakan marketing.

“Meskipun kita buka praktik dokter ataupun bekerja nantinya kita akan menawarkan jasa ataupun pengalaman-pengalaman yang pernah dilakukan ini juga termasuk marketing, dengan menjual diri dalam artian positif ya, yakni kita menawarkan jasa-jasa atau track record sebelumnya. Agar HRD atau investor tertarik dengan proposal bisnis yang kita buat," tutur dia.

Tata juga mengenalkan framework lain yang biasanya digunakan dalam pembuatan proposal bisnis, seperti 4Ps of Marketing. Yakni memberikan gambaran awal bisnis yang menyangkut empat hal. 

Pertama, produk apa dan jenis apa yang akan dijadikan sebagai bisnis. Kedua, promosi dengan menentukan platform jenis-jenis pemasaran atau promosi bisnis yang akan dijalankan.

Ketiga, price dengan menentukan jenis harga dari produk atau jasa yang akan diberikan kepada konsumen. Keempat, place atau tempat bisnis, yakni menentukan di mana bisnis akan dijalankan baik tempat yang nampak seperti kantor atau tempat praktik, maupun menggunakan platform media online seperti website.

Tata memaparkan di luar sana banyak framework dan tools untuk memulai bisnis. “Tetapi pastikan dulu jika tools yang digunakan tidak salah. Serta harus mengerti dengan baik agar investor dapat menerima proposal bisnis yang kita ajukan,” tutur dia. 

Dia juga menyampaikan framework yang dibuat berjalan dengan mulus terkadang berbenturan dengan atasan yang kurang cocok dengan calon investor atau atasan. Sehingga sebelum membuat framework harus dapat memahami dan membuat proposal yang telah disesuaikan dengan keinginan atasan atau calon investor.

Baca: Mau Kerja dan Gaji Gede di Startup? Kuasai Dulu Keahlian Ini
 

(REN)

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

 

 

 

Komentar

LOADING
Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

  1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
  2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
  3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
  4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

Anda Selesai.

Powered by Medcom.id