comscore

Kemenag Siapkan Aplikasi Pembelajaran Al-Qur'an

Renatha Swasty - 30 Mei 2022 09:09 WIB
Kemenag Siapkan Aplikasi Pembelajaran Al-Quran
Seminar pendidikan Al-Qur'an
Jakarta: Kementerian Agama tengah menyiapkan aplikasi pembelajaran Al-Qur'an berbasis digital dan online. Pengembangan aplikasi untuk merespons perkembangan literasi digital

Kasubdit Pendidikan Al-Qur’an Direkorat PD Potren Kementerian Agama, Mahrus, memastikan aplikasi pembelajaran Al-Qur’an digital dan online ini tetap menjaga kualitas standar kelulusan. Selain aspek teknis, keterlibatan pengajar bersanad juga menjadi keharusan. 
"Apa pun metode yang digunakan yang terpenting guru pengajarnya mempunyai sanad Al-Qur’an yang jelas," kata Mahrus dalam Seminar Al-Qur’an Pendidikan Al-Qur’an yang diselenggarakan Lembaga Kajian dan Pengembangan Pendidikan Al-Qur’an (LKPPQ) Ar-Rahmah dikutip dari laman kemenag.go.id, Senin, 30 Mei 2022. 

Salah satu narasumber seminar, KH Ahsin Sakho Muhammad, menggarisbawahi pentingnya kesiapan dan ketersediaan pengajar menghadapi tantangan pendidikan Al-Qur’an di era digital. Pakar Ilmu Qiraat ini mengatakan ketersediaan mushaf Al-Qur’an baik cetak maupun digital belum menjamin seseorang bisa terlepas dari buta huruf Al-Qur’an jika tidak ada guru yang mengajarkan. 

Pengasuh pesantren Darul Qur’an Cirebon ini juga mengusulkan bank guru pengajar Al-Qur’an yang siap didistribusikan untuk mengajarkan Al-Qur’an. Sementara itu, Direktur LKPPQ Ar-Rahmah, Ahmad Jaeni, menegaskan lembaganya siap bersinergi dan berkolaborasi dengan semua pihak dalam meningkatkan kompetensi pendidik Al-Qur’an menghadapi era pendidikan Al-Qur’an berbasis digital online.

Diskusi panel pada seminar yang dipandu Fathuri Mumtaza ini diikuti 140 peserta yang umumnya merupakan aktivis Al-Qur’an, baik pendidik, pengelola, maupun pemerhati pendidikan Al-Qur’an. Hadir pula, Kasi PD Potren Kementerian Agama Kabupaten Bogor, Ujang Supriyatna yang juga membuka acara ini. 

Baca: Kemenag Tinjau Ulang Regulasi Penyaluran untuk Cegah TPG Terhutang

(REN)

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

 

 

 

Komentar

LOADING
Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

  1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
  2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
  3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
  4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

Anda Selesai.

Powered by Medcom.id