Standarisasi Lulusan Pendidikan Dokter, Kemendikbud-Ristek Gandeng Konsil Kedokteran

    Ilham Pratama Putra - 29 April 2021 15:51 WIB
    Standarisasi Lulusan Pendidikan Dokter, Kemendikbud-Ristek Gandeng Konsil Kedokteran
    Penandatanganan MoU Kemendikud-Ristek dengan Konsil Kedokteran Indonesia. Foto: Medcom/Ilham Pratama Putra



    Jakarta: Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset dan Teknologi (Kemendikbud-Ristek) menandatangani nota kesepahaman dengan Konsil Kedokteran Indonesia. Kerja sama ini bertujuan untuk melakukan standarisasi lulusan pendidikan dokter dan dokter gigi.

    "Ini sangat penting karena teman-teman dari konsil ini mewakili amanah undang-undang praktik kedokteran, untuk menjaga bahwa lulusan dari program pendidikan dokter dan dokter gigi kita itu memang kompeten dan qualified," kata Dirjen Pendidikan Tinggi (Dikti) Kemendikbud-Ristek, Nizam, Kamis, 29 April 2021. 






    Pihaknya bersama Konsil Kedokteran Indonesia akan merumuskan standar lulusan pendidikan dokter tersebut. Hasil pembahasan akan menjadi dasar kebijakan Kemendikbud-Ristek.

    "Jadi yang menentukan standar bersama Kemendikbud supaya pendidikan dokter dan dokter gigi ini mutunya kita jaga, mulai dari inputnya sampai lulus sampai nanti masuk ke profesi," ujar dia.

    Baca: Kronologi Terbongkarnya 5 SK Mendikbud Palsu PTS di Banten

    Sejatinya, sinkronisasi dengan Konsil Kedokteran Indonesia sudah lama terjadi. Namun MoU ini diharapkan semakin mengokohkan kerja sama di antara kedua pihak.

    "Karena kalau kalau kita bekerja sendiri-sendirikan jadi tidak sinkron antara kementerian, Konsil, organisasi profesi, Kemenkes ini kan harusnya dalam satu kesatuan, saling mengisi, saling melengkapi menjaga proses ini agar kualitasnya terjaga," sebut dia.

    Kerja sama ini nantinya juga akan menetapkan sebuah kurikulum pendidikan kedokteran. "Nah di dalam pengembangan kurikulum itu sangat penting, kita harus mencerminkan apa pandangan dan kepentingan seluruh stakeholder yang terwakilkan dalam konsil tadi," tutur Nizam.

    (AGA)

    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Komentar

    LOADING
    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id