Kemendikbud Luncurkan SNMPN 2021 Khusus untuk Calon Mahasiswa D3

    Ilham Pratama Putra - 11 Januari 2021 13:19 WIB
    Kemendikbud Luncurkan SNMPN 2021 Khusus untuk Calon Mahasiswa D3
    Dirjen Pendidikan Vokasi Kemendikbud, Wikan Sakarinto. Foto: Zoom
    Jakarta:  Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud) meluncurkan jalur Seleksi Nasional Masuk Politeknik Negeri (SNMPN) 2021. Jalur ini dikhususkan bagi seluruh peserta didik SMA, SMK maupun MA yang akan melanjutkan pendidikan D3 di Politeknik Negeri.

    "SNMPN ini hanya fokus untuk politeknik negeri dan khususnya untuk jenjang D3. Karena jenjang D4 atau sarjana terapan itu sudah campur dengan Lembaga Tes Masuk Perguruan Tinggi (LTMPT)," kata Dirjen Pendidikan Vokasi (Diksi) Kemendikbud, Senin, 11 Januari 2021.

    SNMPN 2021 ini menjadi sistem terpadu bagi calon mahasiswa D3 politeknik negeri. Sekolah dan siswa diminta melakukan pendaftaran dan pengisian data melalui laman snmpn.politeknik.or.id.

    Sekolah diminta mengisi data mulai dari 11 Januari hingga 12 Maret 2021. Sementara siswa dapat melakukan pendaftaran mulai 11 Januari hingga 19 Maret 2021.

    Baca juga:  Tiga PTKIS Berubah Bentuk, Kemenag: Perhatikan Mutu

    Nantinya berkas bakal divalidasi melalui sistem. Validasi berkas berlangsung dari 18 Januari hingga 26 Maret 2021. Sedangkan pengumuman SNMPN 2021 akan diberikan pada 6 April 2021.

    Wikan menyebut, ada 44 politeknik yang dapat dipilih pada SNMPN. Pendaftaran SNMPN 2021 tidak dikenakan biaya apapun alias gratis.

    "Jalur SNMPN ini juga mengakomodir calon peserta yang berasal dari ekonomi yang lemah, tapi memiliki prestasi yang relatif baik ya," tutup Wikan.


    (CEU)

    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id