LSF Telah Sensor 599 Judul Film Berbasis Elektronik

    Ilham Pratama Putra - 21 April 2021 20:09 WIB
    LSF Telah Sensor 599 Judul Film Berbasis Elektronik
    Ilustrasi. Foto: Getty Image



    Jakarta: Sebanyak 599 film berbasis elektronik telah melalui sensor oleh Lembaga Sensor Film (LSF). Termasuk didalamnya film-film yang dimuat Netflix, Maxstream, hingga Disney Hot Star.

    Menariknya, tim production house film elektronik itulah yang mengajukan permintaan agar film-film tersebut di sensor oleh LSF. Namun diakui jumlah tersebut masih sangat minim.






    "Soal tayangan berbasis elektronik di 2020 ada 599 judul film ya itu ada macem-macem di max stream di Netflix. Tapi yang disensorkan jumlah sangat sedikit," kata Ketua LSF, Rommy Fibri Hardiyanto dalam Taklimat Media di Hotel Harris Jakarta, Rabu 21 April 2021.

    Baca: LSF Bakal Gencarkan Gerakan Sensor Film Secara Mandiri

    Banjirnya film elektronik itu tak lepas dari pandemi covid-19. Sebab, masyarkat kesulitan mengakses bioskop. "Sementara kita tahu akhirnya banyak yang tidak disensor," jelas dia.

    LSF mendorong adanya gerakan sensor film secara mandiri. Hal ini guna penguatan literasi perfilman di Indonesia.

    "Jadi maksudnya ini literasi menonton. Bukan orang-orang melakukan sensor masing-masing. Jadi ini kemampuan masyarakat memilih dan memilah tontonan sesuai usia," terang dia.

    Menurut dia, kemampuan sensor mandiri ini menjadi penting. Utamanya, bagi orang tua yang mengawasi tontonan anak-anaknya.

    "Kita kan mungkin enggak bisa mengawasi anak kita, keponakan kita kalau sudah di dalam kamar dengan gadget mereka. Akan lebih baik diberikan pemahaman, literasi kalau nonton sesuai kualifikasi usia. Karena orang memberikan klasifikasi tidak sembarangan dan itu menjadi acuan," tuturnya.

    (AGA)

    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Komentar

    LOADING
    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id