IPB Hadirkan Suasana Industri di Dalam Kampus Sukabumi

    Citra Larasati - 14 Oktober 2020 22:35 WIB
    IPB Hadirkan Suasana Industri di Dalam Kampus Sukabumi
    Rektor IPB University, Arif Satria. Foto: IPB/Humas
    Jakarta:  Melalui Sekolah Vokasi, Institut Pertanian Bogor (IPB) berupaya menghadirkan Industri 4.0 dengan membangun fasilitas unggul di kampus Sukabumi. Mulai dari budidaya ternak modern, perikanan modern, hingga pertanian modern.

    “Kita hadirkan industri di kampus agar mahasiswa dan pengajar sudah berada dalam lingkungan industri atau aura industri hadir di kampus. Itu upaya kita agar bergerak maju, sehingga Sekolah Vokasi dapat mencetak lulusan unggul,” kata Rektor IPB, Arif Satria dalam Wisuda daring Program Pendidikan Sekolah Vokasi Tahap I Tahun Akademik 2019/2020, Rabu, 14 Oktober 2020.

    Sementara itu, dalam pesannya kepada wisudawan, Arif mengatakan bahwa untuk menghadapi era perubahan ini, para lulusan harus menjadi agile learner atau pembelajar tangguh. Selalu mau belajar hal-hal baru.

    Pembelajar tangguh bisa beradaptasi terhadap perubahan, turbulensi yang terjadi, ketidakpastian yang luar biasa, kompleksitas dan ambiguitas tinggi, yang tanda tandanya sudah muncul saat ini. Selain itu wisudawan harus mampu memiliki future mindset dengan soft skills kolaborasi.

    “Seorang pembelajar akan selalu melihat tanda-tanda alam, tanda-tanda zaman yang menuntut perubahan. Untuk itu butuh mindset masa depan. Untuk mengikuti perubahan dunia dan zaman yang demikian cepat berubah, harus diikuti dengan mindset yang berkembang juga. Jika mindset tidak berkembang maka kita akan tertinggal,” ucapnya.

    Baca juga:  3M Harus Tetap Dijalankan Meski Vaksin Covid-19 Ditemukan

    Selain itu, kata Arif, lakukan cara-cara baru yang belum pernah dikerjakan orang lain. Perilaku baru yang berbeda dengan perilaku sebelumnya, kemampuan  berkolaborasi dan komunikasi harus diperkuat dengan didukung daya kreasi tinggi.

    “Para lulusan merupakan bagian dari masa depan. Para wisudawan harus hadir menjadi  trendsetter masa depan dengan melakukan future practice. Yaitu dengan menemukannya hari ini. Kita harus berani untuk bermimpi besar, sehingga akan muncul karya-karya besar,” imbuhnya.

    Menurutnya, faktor sukses yang utama adalah integritas, karena merupakan dasar untuk dipercaya oleh orang lain. Selain itu disiplin, juga bekerja keras. 

    IPB kembali menggelar upacara wisuda secara daring untuk Program Pendidikan Sekolah Vokasi Tahap I Tahun Akademik 2019/2020 dengan jumlah peserta 750 orang. Acara wisuda mengambil latar di Gedung Grha Widya Wisuda Kampus IPB Dramaga.

    Dalam sambutannya, Arif mengucapkan selamat atas kelulusan para wisudawan. Rektor berharap para wisudawan dapat terus bersinergi dengan almamater dan selalu suskes di masyarakat.

    Dalam paparannya, Arif mengatakan, bahwa Pendidikan Vokasi IPB senantiasa menghadirkan lulusan unggul. Dengan menghadirkan teknologi masa kini. Yaitu teknologi industri 4.0. Teknologi Industri 4.0 saat ini sudah menjadi keniscayaan.

    (CEU)


    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id