Literasi Resep Makanan Tradisional Dinilai Masih Minim

    Ilham Pratama Putra - 15 November 2021 19:05 WIB
    Literasi Resep Makanan Tradisional Dinilai Masih Minim
    Dirjen Kebudayaan Kemendikbudristek Hilmar Farid. Foto: Medcom.id/Ilham Pratama Putra.



    Jakarta: Dirjen Kebudayaan Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset dan Teknologi (Kemendikbudristek) Hilmar Farid menyebut literasi terkait resep makanan tradisional di masyarakat masih minim. Padahal, resep kuliner tradisional menjadi salah satu bentuk keberagaman budaya Indonesia.

    "Indonesia diberkahi dengan kekayaan budaya kuliner dengan kehadiran resep-resep tradisional yang telah berjalan melewati waktu seiring dengan perjalanan bangsa. Namun literasi di bidang ini mungkin masih sedikit sekali," jelas Hilmar dalam rangkaian acara Pekan Kebudayaan Nasional (PKN) 2021, secara daring, Senin, 15 November 2021.

     



    Dia menilai, hampir seluruh penjuru negeri, memasak bukan hanya untuk sekadar membuat perut kenyang. Namun, juga sarat akan makna dan banyak kearifan di dalamnya.

    Namun dengan tidak adanya budaya literasi, sedikit sekali ditemukan catatan tertulis dari resep-resep tradisional ini. Terlebih mengingat semangat generasi penerus untuk belajar resep masakan tradisional juga masih kurang.

    Baca: UNJ Bakal Bentuk Satgas Pencegahan dan Penanganan Kekerasan Seksual

    "Tradisi memasak di Indonesia memang lazim diwariskan secara turun menurun melalui praktik memasak bersama dari anggota keluarga yang lebih tua kepada generasi yang lebih muda. Namun, jika generasi muda tidak memiliki keinginan untuk mempelajari, maka resep-resep tradisional ini pun hilang secara perlahan-lahan," tutur dia.

    Pada kesempatan yang sama, Duta Besar Amerika Serikat Untuk Indonesia, Sung Kim, mengapresiasi adanya upaya pelestarian resep kuliner lokal. Menurutnya, saat ini Indonesia dan Amerika Serikat berdiri bersama untuk merayakan simpul kebudayaan yang telah terjalin lama diantara kedua negara.

    "Ini merupakan proyek pertama kami dalam sejarah dari 20 tahun dana hibah Kedutaan Amerika Serikat untuk Pelestarian Budaya yang khususnya berfokus pada pelestarian warisan kuliner dan tradisi pangan," tutur Sung Kim.

    (AGA)

    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Komentar

    LOADING
    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id