Papua Evaluasi Pemungutan Iuran Sekolah di Tengah Pandemi

    Antara - 03 Juni 2020 16:27 WIB
    Papua Evaluasi Pemungutan Iuran Sekolah di Tengah Pandemi
    Ilustrasi. Foto: MI/Bary Fathahillah
    Jayapura: Dinas Pendidikan, Perpustakaan dan Arsip Daerah Provinsi Papua akan mengevaluasi pemungutan iuran sekolah kepada orang tua murid di tengah pandemi virus korona(covid-19). Khususnya, jika dialokasikan untuk membeli seragam, biaya kursus atau membeli perlengkapan sekolah.

    "Namun, jika iuran yang dipungut masuk akal, seperti halnya membayar gaji guru honor dan lain sebagainya, saya pikir tidak masalah," kata Kepala Dinas Pendidikan, Perpustakaan dan Arsip Daerah Provinsi Papua Christian Sohilait, melansir Antara, Rabu, 3 Juni 2020.

    Christian mengakui memang terdapat otonomi sekolah yang mengatur hal tersebut. Namun, pihaknya memiliki fungsi untuk mengatur regulasi secara umum.

    "Sehingga kami menilai otonomi ini patut dihargai karena seorang guru juga perlu memenuhi kebutuhan hidupnya dan orang tua diharapkan dapat memaklumi, apalagi situasi pandemi seperti ini," ujarnya.

    Baca: PGRI: Pendidikan Bukan Area Uji Coba Kenormalan Baru

    Dia memahami semua orang tua ingin anaknya pintar. Namun, tetap harus memperhatikan kesejahteraan guru, khususnya menghadapi kondisi pandemi.

    "Perlu diingat kembali, masing-masing sekolah memiliki otonomi sekolah, meskipun secara regulasi umum kami yang atur," ujarnya.

    Dia berharap pandemi ini segera berlalu sehingga kondisi masyarakat dapat kembali normal. Demikian juga dengan proses belajar dan mengajar.



    (AGA)

    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    HOT ISSUE

    MORE
    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id