Kepala Sekolah Wajib Awasi Proses Belajar Daring

    Muhammad Syahrul Ramadhan - 19 Maret 2020 20:39 WIB
    Kepala Sekolah Wajib Awasi Proses Belajar Daring
    Ilustrasi. Foto: MI/Rommy Pujianto
    Jakarta: Wakil Ketua Komisi X DPR, Abdul Fikri Faqih menegaskan, agar Kepala Sekolah harus bertanggung jawab mengawasi pelaksanaan pembelajaran jarak jauh (PJJ) di sekolahnya. Dalam pengawasannya Kepala sekolah didorong membentuk tim yang terdiri dari guru, komite sekolah dan murid.

    “Kepala Sekolah wajib cek semua KBM (Kegiatan Belajar Mengajar) di sekolah dia. Karena  memang tanggung jawab dia terselenggaranya KBM di sekolah yang ia pimpin. Kalau teknis atau bentuknya bisa dia buat grup dengan guru, sebagian murid dan komite yang di dalamnya ada orang tua,” kata Fikri kepada Medcom.id, Kamis, 19 Maret 2020.

    Sementara terkait guru yang hanya memberi tugas semata dan terkesan tanpa konsep  menurutnya wajar. Namun, itu harus kembali diluruskan, meski secara daring, guru tetap wajib melaksanakan pembelajaran sesuai dengan Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP).

    “Ya ini hal baru jadi guru pun penyesuaian dulu, sehingga bisa saja tugasnya masih berlebihan sehingga malah jadi beban siswa atau bahkan stres. Mudah-mudahan selanjutnya sesuai yang ditulis oleh guru pada RPP saja tidak lebih dari itu,” ungkapnya.

    Baca juga:  KPAI Kebanjiran Aduan tentang Keluhan Belajar Daring

    Hal tersebut juga harus menjadi pengawasan Kepala Sekolah dan juga memfasilitasi guru agar bisa mempersiapkan bahan ajar sepraktis mungkin yang mudah dipahami siswa.

    “Kepala sekolah mengontrol keberlangsungan KBM lewat jadwal masing-masing kelas. Bila ada guru atau siswa yang kesulitan dalam KBM virtual ini, maka Kepala Sekolah harus memfasilitasinya,” jelasnya.

    Kemudian apabila sekolah tidak mampu menjalankan PJJ daring, pihak sekolah bisa mengikuti KBM gratis yang disediakan Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud) melalui portal Rumah Belajar atau dari pihak swasta yang memberikan layanan gratis selama masa darurat virus Korona.

    Bagaimana berjalannya KBM di sekolah secara daring ini Dinas Pendidikan juga harus andil dalam memastikan belajar daring berjalan sesuai jalur.  Sebelumnya, menurut pengamat pendidikan dari Universitas Paramadina, Totok Soefianto, pihak sekolah dan Dinas Pendidikan harusnya saling berkolaborasi.

    “Guru, orang tua, dan dinas atau sudin pendidikan harus kerja bareng termasuk saling mengawasi agar mutu pendidikan tetap terjaga baik meskipun saat ini tidak ke sekolah,” ujarnya.



    (CEU)

    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    HOT ISSUE

    MORE
    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id